Sukses

Relationship

4 Seni Memahami Kekasih agar Dia Tidak Marah

Fimela.com, Jakarta Sering kali pasangan dihadapkan dengan pertengkaran karena merasa tidak dipahami. Kalimat seperti “kamu emang ga pernah bisa ngertiin aku!” terlontar ketika konflik meletus. Ujaran-ujaran yang menafsirkan perasaan seolah diabaikan pun ikut terucap. Sayangnya, masih banyak pasangan yang tidak mengerti dimana letak salahnya dan bagaimana mengatasinya. 

Sejatinya manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk didengar dan mendengarkan. Dalam hubungan asmara yang penuh lika liku, kedua pihak perlu menurunkan ego dan menaikkan empati agar muncul harmoni. Tapi pada praktiknya, selalu timbul banyak kebingungan. Menyediakan diri untuk mengerti pasangan memang tidak mudah, tapi bukan mustahil untuk dipelajari. 

Yuk! Simak 4 seni memahami kekasih agar pasangan kamu tidak marah-marah lagi. 

Mendengarkan Dengan Empati

Mendengarkan adalah proses mencerna informasi dari lawan bicara. Cobalah untuk mendengarkan tidak hanya sekadar pakai telinga, tetapi harus memahami juga. Ketika kekasih sedang berbicara, berusahalah untuk benar-benar mendengarkan tanpa menginterupsi. Posisikan diri sebagai dia untuk memahami perspektifnya. Seseorang yang tahu bahwa dirinya didengarkan dengan baik, cenderung akan memperoleh kepuasan dan meminimalisir timbulnya konflik. 

Fokus dan Letakkan Dulu Segala Bentuk Distraksi

Ketika mencoba memahami pasangan, fokus lah pada dia yang sedang ada di depanmu. Tatap matanya dan tunjukkan gesture yang menandakan bahwa kamu benar-benar hanyut dalam ceritanya. Sesekali akui bahwa kamu mendengarkannya dengan baik sambil berkata “oke, aku paham, lalu?”. Bentuk fokus itu menunjukkan kamu memperhatikan dia sepenuhnya. Buang segala macam hal yang memungkinkan distraksi, contohnya handphone. Hindari seminim mungkin membuka handphone saat kekasih sedang bercerita agar dia tidak merasa terabaikan. 

Kenali Kebutuhan Emosionalnya

Menjalin hubungan artinya kamu siap untuk belajar seumur hidup. Mempelajari manusia adalah pengorbanan besar yang akan terus berulang seiring sifat manusia yang dinamis. Namun, setiap orang pasti memiliki kecenderungan atas satu hal. Kenali kebutuhan emosionalnya untuk mengerti pasangan. Luangkan waktu untuk mempelajari apa yang membuat kekasih kamu merasa dicintai dan dihargai. Boleh dibilang kenali love language pasangannmu, apakah itu lewat perkataan, tindakan, waktu bersama, atau hadiah kecil. Jika sudah mengerti, coba terapkan itu untuk menenangkan pasangan yang sedang tidak stabil emosinya. Jangan ragu pula untuk menanyakan apa yang diinginkan kekasih secara lembut. 

Jaga Keseimbangan

Hubungan terjalin atas dua manusia yang berjalan bersama. Pastikan bahwa kamu juga merawat diri sendiri dan kebutuhan batin pribadi. Hubungan yang sehat melibatkan keseimbangan antara memberi maupun menerima. Jangan ragu untuk membuka obrolan dan diskusi dengan pasangan. Beritahukan apa yang kamu mau untuk saling memahami satu sama lain. Cobalah memahami diri sendiri sebelum memahami orang lain.

Itu dia empat seni memahami kekasih yang bisa Sahabat Fimela terapkan di hubungan, dijamin pasangan tidak akan marah lagi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading