Sukses

Relationship

Sudah Punya Pacar Baru Tapi Masih Teringat Mantan? Ini 5 Penyebabnya!

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu sering teringat mantan kamu saat punya pacar baru? Rasanya memang sedikit aneh dan membingungkan bukan? Sebenarnya, kondisi tersebut cukup lumrah dan wajar terjadi.

Bagaimanapun juga, seorang mantan pernah menjadi bagian terpenting dalam hidup kamu. Tentu ada kenangan-kenangan manis yang membekas, hingga terkadang tanpa sengaja kamu kembali mengingatnya meski sudah memiliki pengganti di hati.

Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alat untuk kembali pada sang mantan! Perasaan seperti itu bukanlah pertanda bahwa kamu masih menginginkan dirinya. Terlebih lagi jika kamu sudah punya pacar, hal ini harus segera diatasi karena jika tidak diatasi, hubunganmu dengan pacar barumu akan berubah jadi toxic relationship.

Sebelum menghilangkan pikiran tersebut dan dapat sepenuhnya menikmati kebersamaan dengan pasangan baru, alangkah baiknya kamu memahami terlebih dulu apa yang sebenarnya menyebabkan mantan masih terngiang-ngiang di pikiran.

Apakah karena masih ada rasa yang tersisa? Atau hanya sekedar kerinduan pada kebiasaan lama? Simak penjabaran 5 penyebab utama mengapa kamu masih teringat mantan meski sudah punya pacar baru.

1. Pacar Baru Tidak Lebih Baik Dari Mantan

Salah satu faktor yang membuat kamu teringat mantan adalah jika pacar baru dianggap tidak lebih baik dari mantanmu. Mungkin mantanmu dulu adalah pacar yang luar biasa, sehingga ketika hubungan itu berakhir, rasanya cukup memilukan.

Oleh karena itu, kamu berharap pacar barumu bisa melebihi mantan. Namun, membandingkan pacar baru dengan mantan bukanlah hal yang bijak. Jika kamu menilai pacar barumu dengan standar yang sama seperti mantanmu, kamu tidak memberikan kesempatan bagi mereka untuk membuatmu kagum dengan kualitas mereka sendiri.

2.  Hubungan Kandas di Tengah Permasalahan yang Belum Selesai

Cobalah untuk mengingat kembali, apakah hubunganmu dengan mantan sudah benar-benar berakhir dengan jelas? Bisa jadi kamu atau mantan pasanganmu belum secara eksplisit menyatakan kata "putus", sehingga intuisi masih terikat dan merasa bersalah.

Perasaan ini yang menyebabkan kamu terus teringat mantanmu. Oleh karena itu, sebelum memulai hubungan baru, pastikan untuk menyelesaikan terlebih dahulu hubungan lamamu dengan baik.

3.  Tidak Bahagia dengan Hubungan yang Baru

Ketidakbahagiaan dalam hubungan baru juga bisa menjadi alasan untuk sering teringat mantan. Pastikan kamu mengatasi masalah tersebut dengan baik dan tidak membandingkan pasangan barumu dengan mantan.

Sebab di dalam hubungan jika kamu masih membandingkan pasanganmu dengan mantanmu maka kamu akan terjebak terus menerus tentang sang mantan.

4. Kamu Sedang Bernostalgia Tentang Masa Lalu

Ketika menjalin hubungan baru, terkadang kamu masih teringat pada mantan. Ini bukan berarti kamu ingin kembali padanya, melainkan kamu sedang bernostalgia dengan pengalaman-pengalaman indah yang kamu miliki bersama mantan di masa lalu, bukan karena merindukan sosoknya.

Bernostalgia adalah hal yang wajar, namun jangan sampai menjadikannya sebagai beban. Gunakanlah pengalaman tersebut sebagai pelajaran dan tetaplah fokus pada pasangan barumu.

5. Tidak Bahagia dengan Diri Sendiri

Salah satu penyebab sering teringat mantan adalah ketidakbahagiaan dengan diri sendiri saat ini. Kemungkinan besar, dulu mantan selalu hadir menemanimu saat kamu sedang tidak bahagia, sehingga membuatmu merindukan kehadirannya kembali.

Oleh karena itu, berusahalah untuk bahagia dengan diri sendiri terlebih dahulu, sebelum menjalin hubungan baru.

Nah, itu dia beberapa penyebab utama ketika kamu masih sering teringat mantan meski sudah punya pacar baru. Sejatinya orang lama itu tidak bisa dilupakan tapi sebaiknya jika sudah punya pacar baru tidak usah mengingatnya kembali. Mulailah mengikhlaskan yang lama dan hidup bahagia dengan yang baru. 

Penulis: Zahra Utami Putri 

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading