Sukses

Relationship

5 Alasan Pentingnya Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja di Kantor Sebelumnya

Fimela.com, Jakarta Hai, Sahabat Fimela! Pasti banyak di antara kalian yang sudah berpindah-pindah tempat kerja lebih dari sekali, kan? Memang setiap perjalanan karier akan selalu ada saja dinamika. Kadang kita berjalan tidak sesuai dengan harapan.

Termasuk dalam perjalanan karier. Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor sebelumnya sering kali terlupakan, saat kita sudah memutuskan resign. Padahal, hal ini penting banget, lho!

Nah, berikut ini adalah lima alasan kenapa kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan mantan rekan kerja. Yuk, simak penjelasannya dari Fimela di bawah ini.

Networking yang Kuat dan Luas

Pertama-tama, menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor sebelumnya bisa memperluas jaringan profesionalmu. Dunia kerja itu luas, tapi sebenarnya sempit juga karena kamu nggak pernah tahu kapan akan bertemu mereka lagi di masa depan. Siapa tahu, rekan kerja lamamu bisa membantumu membuka peluang baru di tempat kerja lain atau bahkan di industri yang berbeda.

  • Tetap terhubung di LinkedIn dan jangan ragu untuk mengomentari postingan mereka.
  • Ajak mereka ngopi atau makan siang bareng sesekali untuk tetap menjaga hubungan.

Sumber Referensi yang Baik

Ketika kamu mencari pekerjaan baru, referensi dari rekan kerja atau atasan sebelumnya bisa jadi nilai plus buatmu. Mereka bisa memberikan testimoni positif tentang kinerja dan kepribadianmu kepada calon perusahaan. Tentunya, ini bisa meningkatkan peluangmu diterima di pekerjaan yang kamu impikan.

  • Pastikan kamu meninggalkan kesan baik saat keluar dari tempat kerja sebelumnya.
  • Jangan ragu untuk meminta referensi secara langsung jika kamu memang merasa hubunganmu dengan mereka cukup baik.

Pertukaran Informasi dan Pengetahuan

Rekan kerja lama bisa jadi sumber informasi yang berharga, terutama jika mereka masih bekerja di bidang atau industri yang sama denganmu. Kalian bisa saling bertukar informasi tentang tren terbaru, tips pekerjaan, atau bahkan strategi bisnis yang sedang tren.

  • Buat grup chat atau komunitas kecil di media sosial untuk saling berbagi informasi.
  • Ajak mereka berdiskusi tentang topik-topik menarik yang relevan dengan bidang kalian.

Dukungan Moral dan Emosional

Pindah kerja atau menghadapi tantangan di tempat kerja baru bisa jadi pengalaman yang penuh tekanan. Di sinilah pentingnya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja lama. Mereka bisa memberikan dukungan moral dan emosional karena mereka pernah bekerja bersamamu dan mungkin memahami situasimu dengan lebih baik daripada orang lain.

  • Jangan ragu untuk curhat atau meminta saran ketika menghadapi masalah di tempat kerja baru.
  • Tetaplah jadi pendengar yang baik jika mereka juga butuh tempat untuk berbagi cerita.

Membuka Peluang Kolaborasi di Masa Depan

Tidak ada yang tahu bagaimana karier kita akan berkembang. Ada kemungkinan besar kamu akan bekerja sama dengan mantan rekan kerja di proyek-proyek masa depan, baik sebagai kolega di perusahaan baru atau dalam bentuk kerja sama bisnis. Hubungan baik yang sudah terjalin akan mempermudah kolaborasi di masa depan dan membuatnya lebih efektif.

  • Selalu jaga profesionalitas dan etika kerja yang baik agar mereka merasa nyaman bekerja sama denganmu lagi di masa depan.
  • Usahakan untuk tetap up-to-date dengan perkembangan karier mereka sehingga kamu tahu kapan ada peluang untuk kolaborasi.Penutup

Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor sebelumnya bukan hanya tentang sopan santun, tapi juga strategi cerdas untuk masa depan kariermu. Dengan jaringan yang kuat, sumber referensi yang baik, pertukaran informasi, dukungan moral, dan potensi kolaborasi di masa depan, kamu bisa meraih lebih banyak kesempatan dan menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading