Sukses

Relationship

7 Cara Menghindari Kisah Cinta di Kantor yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Hubungan romantis atau percintaan di tempat kerja adalah hubungan yang terjalin antara dua orang yang memiliki pekerjaan yang sama atau berada di lingkungan kerja yang sama. Hubungan ini bisa melibatkan orang-orang dari berbagai posisi atau bagian dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Orang-orang yang bekerja bersama bisa saling jatuh cinta, mulai dari sekadar berpacaran hingga menjalin hubungan yang lebih serius seperti menikah.

Akan tetapi, hubungan cinta di kantor juga bisa menimbulkan berbagai masalah. Misalnya, konflik kepentingan, ketidakadilan, atau penurunan produktivitas. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak terjebak dalam hubungan cinta di kantor, yaitu:

1. Menghindari Hal Tersebut

Jauhkan diri Hindari terlibat dalam hubungan romantis dengan orang-orang yang bekerja di cabang atau divisi yang sama atau berbeda denganmu. Pikirkan kemungkinan kamu akan dipindah atau harus mengawasi pasanganmu di tempat kerja.

2. Pikirkan Situasi Sulit Kedepannya

Sadari bahwa hubungan cinta di kantor bisa menimbulkan kesulitan. Periksa alasan Anda, mengapa kamu tertarik pada seseorang, dan tentukan langkah terbaik untuk melanjutkan. Pertimbangkan hasil yang mungkin terjadi dari hubunganmu. Apa yang akan menguntungkan kalian berdua, dan juga perusahaan di masa depan?

3. Siapkan Skenario Terburuk dari Awal

Dengan memikirkan semua kemungkinan akibat, kamu bisa menentukan apakah hubungan cinta di kantor sepadan dengan risiko yang mungkin Anda hadapi. Lakukan analisis yang realistis dan bicarakan dengan orang yang kamu sukai di kantor. Reaksi mereka terhadap kenyataan yang kamu ungkapkan bisa saja mengecewakan. Meskipun ini terdengar pesimis dan menyeramkan, pertimbangkan risiko yang Anda ambil.

4. Tetapkan Batas Anda

Kamu sudah memutuskan bahwa kamu tidak mau terjerumus dalam hubungan cinta di kantor. Sekarang, kamu harus mencari cara untuk menerapkan keputusanmu dengan menetapkan batas-batas yang jelas bagi dirimu dan rekan kerja. Bahas batas-batas ini dengan pasangan, jika kamu sudah punya. Terkadang, batas kamu bisa ditentukan sebagian oleh kenyamanan pasangan.

5. Ingatlah Masalah yang Berkaitan dengan Hubungan Cinta di Kantor

Hubungan cinta di kantor bisa berbahaya. Setiap kali kamu menjalin hubungan dengan seseorang di kantor, berisiko menghadapi drama dan dampak emosional setelah putus. Pikirkan apa yang akan terjadi jika hubungan atau kencan kamu berakhir dengan buruk.

6. Perlakukan Semua Orang dengan Sama

Di tempat kerja, tugas kamu adalah bersikap baik dengan semua orang. Itu tidak berarti kamu harus menyukai semua orang, tetapi kamu harus bisa berkomunikasi dengan semua orang di kantor dengan sopan. Jika kamu bersikap ramah kepada semua orang (dan memperlakukan semua orang dengan sama), kamu akan lebih sulit terlibat dalam hubungan cinta dengan seseorang.

7. Hindari Menggoda

Kamu tidak perlu bersikap dingin dengan orang-orang di kantor. Namun, kamu juga tidak perlu bersikap menggoda, seperti tertawa-tawa, menyentuh seseorang, atau mendekati seseorang saat berbicara dengan mereka, terutama jika kamu merasa tertarik pada mereka. Sebaliknya, jaga agar percakapan dan interaksi tetap profesional. Bahkan, beberapa perusahaan menganggap menggoda secara terbuka sebagai pelanggaran yang bisa menyebabkan pemecatan.

Beberapa hubungan cinta di kantor bisa berlangsung dengan baik dan menjadi hubungan yang kuat, meskipun ada risiko dan masalah yang mungkin muncul karena hubungan tersebut. Namun, penting untuk memikirkan dengan cermat akibat dan dampak yang bisa terjadi dalam lingkungan kerja saat memilih untuk menjalin hubungan romantis dengan rekan kerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading