Sukses

Relationship

5 Makna Riasan Pengantin Adat Sunda yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Pernikahan merupakan salah satu momen yang cukup sakral, karena itu ada banyak sekali makna dibalik sebuah pernikahan yang kita lakukan. Setiap momen pernikahan dapat diabadikan dengan mengikuti berbagai macam adat daerah masing-masing.

Salah satu riasan adat sunda mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, maksyarakat Sunda sendiri percaya bahwa “siger” atau mahkota pada pengantin perempuan tidak hanya sekedar hiasan belaka. Terdapat banyak makna yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya dibalik riasan pengantin sunda.

Siger sunda sendiri berbentuk segitiga, dengan beurukuran dan bentuk layaknya bunga. Tak hanya bagian siger saja yang memiliki makna adapula beberapa bagian hiasan pada riasan pernikahan yang memiliki banyak makna, berikut beberapa makna makna riasan pengantin sunda yang perlu kamu tahu:

1. Mahkota Siger

Pada riasan mahkota siger satu ini umumnya digunakan oleh pengantin perempuan, berbeda dengan siger lampung ternyata siger sunda terbuat dari loham lho! Mahkota satu ini ternyata memiliki makna dengan adanya harapan serta rasa hormat, kearifan, maupun kebijaksanaan dalam pernikahan.

2. Daun Sirih Pada Kening

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih pada kening pengantin sunda yang terdapat dibagian tengah kening mereka. Daun sirin satu ini ternyata memiliki makna penolakan bala pada pernikahan nantinya.

3. Kembang Tanjung di Belakang Sanggul

Kemudian pada bagian sanggul ini, biasanya akan terdapat riasan enam kembang tanjung yang berbentuk kupu-kupu kecil. Tahukah kamu? Ternyata hiasan pada bagian satu ini melambangkan adanya kesetiaan calon mempelai perempuan kepada pasangan di pernikahan.

4. Kembang Goyang Pada Sanggul

Seperti pengantin dengan adat jawa, ternyata pengantin perempuan dengan adat Sunda juga menggunakan tujuh kembang goyang pada bagian anggulnya. Akan tetapi, ternyata ada sedikit perbedaan pada bagian satu ini. Hiasan ini sendiri ternyata memiliki makna bahwa perempuan harus terlihat cantik layaknya bunga yang bermekaran.

5. Untaian Melati

Ronce melati atau untaian melati mernjadi salah satu hiasan yang khas bagi pengantin dengan adat sunda, hiasan satu ini ternyata terdiri dari Melati Mangle Pasung, Mangle Susun, mangle Sisir. Penetep, dan Mayangsari. Ternyata untaian melati sendiri pada riasan adat Sunda ini ternyata memiliki makna kesucian maupun kemurnian.

Setiap riasan pada adat pernikahan ternyata memiliki banyak makna yang mungkin kita tidak tahu sebelumnya, salah satunya adalah adat Sunda. Itulah beberapa makna dibalik pernikahan adat Sunda yang perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading