Sukses

Relationship

6 Hobi Bermanfaat agar Hidupmu Lebih Positif dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih sia-sia dariad ahiudp yang dihabiskan untuk berpikiran negatif dan pesimis. Ada banyak cara agar kita bisa tetap berpikiran positif, salah satunya adalah dengan menjaga aktivitas tetap aktid dan bermanfaat. Ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa memberikan manfaat dan bahkan mampu meningkatkan kualitas diri. Ini dia beberapa hobi bermanfaat agar hidupmu lebih berkualitas.

1. Bercocok tanam

Tahukah mengapa kita biasanya suka berada di alam? Karena pada dasanya kita menginginkan kedamaian di hati dan sekeliling kita. Itulah mengapa, hobi bercocok tanam atau berkebun selalu bisa memberikan energi positif dan melepaskan stres dengan baik. Ketika kamu menanam sebuah tanaman dan itu bisa tumbuh dengan baik bahkan berbuah, itu akan menumbuhkan rasa bangga tersendiri di dalam diri karena kamu telah mencapai sesuatu.

2. Membuat kerajinan tangan

Menjadi lebih kreatif atau mengembangkan bakat artistik di dalam diri juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Kamu akan menumbuhkan rasa bangga sederhana di dalam diri ketika berhasil membuat karya. Secara alami, kamu melatih otak kananmu dengan cara belajar membuat karya seni atau kerajinan tangan, apalagi jika itu memiliki nilai jual tinggi dan bisa memberimu penghasilan tambahan, itu akan memberikan kepuasan tersendiri.

3. Menjadi sukarelawan

Jiwa juga butuh diberi makan dan disiram dengan kebaikan, agar kamu selalu diingatkan untuk menjadi lebih manusiawi. Salah satu caranya adalah menjadi sukrelawan atau berkecimpung dalam dunia konservasi. Kamu bukan hanya membuat kehidupanmu lebih baik tapi juga berkontribusi membuat kehidupan sekitarmu menjadi lebih baik. Pad adasarnya, kamu sedang menyirami tanah kering di hatimu agar lebih mudah bersyukur dan berguna sebagai manusia.

4. Mencoba olahraga baru

Cara paling sederhana memulai hobi baru dalam hidup adalah dengan olahraga. Temukan olahraga apa yang paling kamu sukai dan minati, lalu jalani dengan sepenuh hati. Karena apa pun yang dijalani menggunakan hati akan selalu menyenangkan dan menumbuhkan kebahagiaan. Agar lebih menarik lagi, cobalah olahraga-olahraga baru yang bisa membuatmu senang, entah itu bersepeda, hiking, tabata, yoga atau bakan jalan kaki jarak 5 km di sekitar rumah.

5. Belajar bahasa baru

Belajar bahasa baru mungkin bukan hobi yang akan dipilih banyak orang karena membutuhkan pelatihan otak, tapi jika ingin hobi yang membuat otakmu awet muda, tidak mudah pelupa dan makin cerdas seiring bertambahnya usia, maka belajar bahasa akan jadi hobi yang menyenangkan. Kamu hanya perlu menentukan bahasa apa yang kamu minati, misalnya belajar Bahasa Korea karena suka dengan idol Korea, belajar bahasa Italia karena suka pizza dan lain sebagainya.

6. Jadi bakcpacker

Tahukah kamu bahwa traveling bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus membuka wawasanmu lebih luas? Bahkan memberikan sudut pandang lebih beragam padamu karena pengalaman yang kamu dapat dari setiap perjalanan. Traveling atau jadi bakcpacker adalah hobi yang bagus jika kamu ingin melepaskan diri dari penat dan rehat sejenak dari kehidupan yang sibuk.

Jadi, temukan hobi yang menarik buatmu dan jalani dengan sepenuh hati. Tanpa sadar hidupmu akan menjadi lebih bermakna seiring berjalannya waktu.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading