Sukses

Relationship

5 Tips untuk Berteman dan Memulai Pembicaraan dengan Orang Baru

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang pemalu, membangun hubungan pertemanan dengan orang lain, khususnya orang baru atau orang asing terasa sangat sulit untuk dilakukan. Mereka memiliki berbagai pertimbangan serta rangkaian skenario buruk mengenai apa yang akan terjadi jika mereka berusaha berteman dengan orang lain.

Tetapi, tidak seharusnya hal-hal tersebut memengaruhi dan menghambat seseorang dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Berikut adalah 5 tips yang dapat dilakukan oleh orang yang pemalu agar bisa berteman dengan orang lain.

1. Mulai pembicaraan terlebih dahulu

Tips ini mungkin adalah salah satu tips yang paling sulit dilakukan. Tetapi satu hal yang perlu kamu ingat adalah kebanyakan hubungan pertemanan dimulai dari sebuah kata sapaan, seperti ‘Hai’ dan ‘Halo’. Walaupun mengucapkan kata sapaan tersebut pada orang baru tidak semudah itu, tetapi kita tidak pernah tahu hubungan apa yang akan muncul jika kita berani mengucapkan kata sapaan tersebut. Kamu bisa menyapa orang asing yang tidak sengaja melakukan kontak mata denganmu atau orang asing yang menarik perhatianmu. Semakin sering kamu menyapa orang disekitarmu, maka kamu akan semakin terbiasa membangun interaksi dengan orang asing.

2. Jangan takut dengan momen canggung

Ketakutan lain yang sering menjadi penghalang orang pemalu untuk berteman dengan orang baru adalah momen canggung. Keheningan yang muncul setelah kita berusaha memulai pembicaraan adalah hal yang banyak orang takuti saat berusaha mengenal orang baru. Tapi, tidak ada yang salah dari momen canggung tersebut. Momen canggung sangat wajar muncul saat kamu berusaha membangun hubungan pertemanan dengan orang yang benar-benar tidak kamu kenal. Tapi, hal tersebut jangan menghentikanmu untuk berusaha berteman dengan orang baru. Jika momen canggung mulai muncul, kamu bisa menarik nafas sebentar sebelum akhirnya berusaha melanjutkan percakapan dengan topik baru. Tidak ada salahnya berusaha mencairkan suasana hingga perlahan-lahan kalian mengenal satu sama lain.

3. Bergabung dengan komunitas

Membangun hubungan pertemanan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan kita mungkin terdengar lebih mudah dibandingkan membangun hubungan pertemanan dengan orang asing. Setiap orang suka membicarakan dirinya sendiri, termasuk mengenai hal-hal yang disukainya. Sehingga, akan mudah membangun percakapan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan dirimu. Kesamaan tersebut dapat meliputi minat, hobi, idola, pola pikir, dan lain-lain. Percakapan pun akan berjalan dengan alami karena kalian menyukai hal yang sama dan sama-sama bersemangat menceritakan dan berbagi kisah mengenal hal yang kalian sukai. Oleh karena itu, bergabung dengan komunitas dapat membantumu berteman dengan orang baru lebih mudah.

4. Berlagak seperti ekstrover

Berlagak seperti ekstrover dalam hal ini bukan mengacu pada kamu yang mengaku dan menunjukkan pada orang baru bahwa kamu adalah ekstrover. Tips ini lebih mengacu pada pola pikir yang kamu miliki. Pada umumnya, introver memiliki banyak pikiran dan skenario sebelum terlibat dalam interaksi sosial. Tetapi, jangan sampai pikiran dan skenario tersebut mengahalangimu untuk berteman dengan orang baru. Saat kamu berusaha berkenalan, singkirkan semua pikiran mengenai kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kamu harus menanamkan pola pikir bahwa kamu terbiasa dan menikmati berbicara dengan orang baru, seperti seorang ekstrover. Jangan terlalu banyak berpikir dan lontarkan kata sapaan untuk memulai percakapan layaknya seorang ekstrover.

5. Mengiyakan ajakan orang lain

Ketika orang lain mengajakmu ke sebuah kegiatan, jangan ragu untuk mengiyakan ajakan tersebut jika kamu dapat hadir. Orang yang pemalu seringkali menolak ajakan orang lain karena takut tidak memiliki kenalan atau teman dalam kegiatan tersebut. Padahal, ajakan tersebut adalah kesempatan bagus bagimu untuk berteman dengan orang baru. Selain itu, siklus yang kerap kali terjadi setelah kamu menolak ajakan orang lain adalah kamu mulai memikirkan apa saja yang terjadi dalam kegiatan tersebut dan apa yang akan terjadi seandainya kamu mengiyakan ajakan tersebut. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk mengiyakan ajakan orang lain, ya!

 Pemalu bukan berarti jadi alasan untuk mendapatkan teman baru. Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading