Sukses

Relationship

Hindari Tinder Swindler, Kenali Beberapa Tanda Penipuan di Aplikasi Kencan Online

Fimela.com, Jakarta Per 7 Februari 2022, film dokumenter netflix yang berjudul “The Tinder Swindler” menempati peringkat nomor 2 dari 10 film netflix yang trending di Indonesia. Dokumenter ini juga menjadi topik yang sedang hangat di sosial media.

Pada film dokumenter ini, menceritakan tentang perempuan yang menceritakan pengalamannya, yang ditipu saat menggunakan aplikasi kencan online. Dokumenter ini diproduseri oleh Bernadette Higgins, yang juga produser dari serial dokumenter terkenal, “Don’t F**k with Cat”

Aplikasi kencan online kini juga banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, namun tak jarang juga terjadi penipuan secara online pada aplikasi tersebut. Maka dari itu, isu ini menjadi sangat penting untuk diangkat sebagai sebuah pembelajaran.

Jika anda pengguna aplikasi kencan online, simak beberapa tanda bahwa kamu sedang mengalami penipuan, dan apa yang harus dilakukan untuk menghindarinya?

Tips menghindari penipuan di aplikasi kencan online

Dikutip dari moneyhelper.org.uk, terdapat beberapa tanda bahwa Anda sedang berhadapan dengan penipu

Meminta pindah aplikasi pesan terlalu cepat

Jika berada dalam percakapan yang belum terlalu dalam, namun lawan bicaramu ingin bergegas pindah ke aplikasi lain terlalu cepat, harus berhati-hati. Bisa saja hal tersebut merupakan taktik penipu agar aplikasi kencan tidak mengetahui penipuan mereka.

Foto profil yang terlalu sempurna

Apakah orang yang Anda ajak bicara terlihat seperti model? Atau apakah mereka memperjelas bahwa mereka memiliki pekerjaan yang bagus, sangat kaya atau dermawan? Ini bisa saja taktik umum dari scammer kencan. Seperti yang digambarkan pada dokumenter The Tinder Swindler, Simon (penipu) menampilkan profil yang sangat sempurna sebagai putra berlian.

Lawan bicara yang terlalu banyak bertanya

Beberapa scammer asmara mencoba mendapatkan informasi yang cukup tentang Anda untuk dapat mencuri identitas Anda, ini tidak semua tentang membuat Anda mengirimi mereka uang.

Perkataannya mengarah ke sesuatu yang serius dengan terlalu cepat

Apakah orang yang Anda ajak bicara menyatakan cintanya kepada Anda tanpa bertemu di kehidupan nyata? Mereka mungkin berusaha mendapatkan kepercayaan Anda sehingga Anda akan lebih bersedia mengirimi mereka uang.

Tips menghindari penipuan di aplikasi kencan online

Dikutip dari Security National Bank of South Dakota lakukan cara berikut jika Anda sudah merasa curiga terhadap lawan bicara pada aplikasi tersebut

Periksa silang dan verifikasi

Lakukan pencarian online untuk memeriksa silang nama orang tersebut, foto, lokasi, alamat email, dan detail lainnya untuk keabsahan.

Pelan-pelan dan bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai.

Beri tahu teman atau anggota keluarga tentang situasi Anda, dan diskusikan langkah Anda selanjutnya dengan mereka. Penipu mungkin mencoba mengisolasi Anda dari teman dan keluarga atau menekan Anda untuk membuat keputusan impulsif sendirian. Jangan biarkan scammer membuat Anda terburu-buru untuk membuat keputusan apa pun.

Jangan mengirim uang. 

Jangan pernah mengirim uang, menaruh uang di kartu hadiah atau kartu isi ulang tunai, atau mengirim uang tunai ke bunga cinta online. Anda tidak akan mendapatkannya kembali. Jika Anda sudah mengirim uang, laporkan. Hubungi lembaga keuangan Anda segera jika Anda merasa telah mengirim uang ke scammer.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading