Sukses

Parenting

4 Alasan Percayakan Pemeriksaan Kandungan dan Bayi hingga KB ke Bidan

Fimela.com, Jakarta Lebih dari 398.000 Bidan tersebar di berbagai wilayah, dari kota hingga desa terpencil, Bidan memainkan peran vital di sepanjang daur kehidupan perempuan, kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga (KB). 

Dr. Ade Jubaedah, S.Keb., Bdn., MM., MKM, Ketua Umum PP IBI menyampaikan bidan adalah sahabat perempuan di sepanjang daur kehidupan kesehatan reproduksi perempuan. “Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa layanan di klinik Bidan itu dekat, tanpa antre, nyaman, terpercaya, dan terjangkau," ungkap Dr. Ade katanya dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IBI 2024. 

Untuk itu, DKT Indonesia melalui Program KB Andalan bersama IkatanBidan Indonesia (IBI) meluncurkan kampanye nasional bertajuk "Ayo ke Bidan, Ingat KB,Ingat Bidan" untuk mengajak masyarakat memanfaatkan pelayanan Keluarga Berencana (KB)dan kesehatan Ibu dan bayi yang tersedia di klinik Bidan di seluruh Indonesia. dr. Ade menyampaikan kampanye ini menggaris-bawahi peranpenting Bidan dalam menyediakan layanan KB dan kesehatan reproduksi serta menjagakesehatan ibu dan bayi di Indonesia.

Melalui kampanye ini, DKT Indonesia dan IBI inginmemastikan bahwa setiap perempuan memiliki akses yang lebih mudah dan nyaman untukmendapatkan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi berkualitas, sekaligus meningkatkankesadaran publik akan pentingnya peran Bidan dalam menjaga kesehatan Ibu dan bayi.  

"Melalui kampanye ini, kami inginmenegaskan bahwa Bidan memiliki kompetensi yang mumpuni untuk membantu perempuanIndonesia dalam memilih metode kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatanmereka serta mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi yang berkualitas,” tambah dr. Ade 

Mengapa Harus ke Bidan?

Lalu mengapa harus ke bidan? Head of Marketing DKT Indonesia, Cut Vellayati menjelaskan bidan bukan hanya tenagakesehatan biasa, mereka adalah mitra perempuan dalam setiap tahap kehidupan reproduksi. 

“Dari merencanakan kehamilan hingga memilih metode kontrasepsi yang aman dan efektif,Bidan siap membantu dengan layanan yang personal dan penuh perhatian,” paparnya. 

Klinik bidan menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk: Bidan itu Dekat: Bidan tersedia di berbagai pelosok, mulai dari kota besar hinggadesa-desa terpencil. Jaringan Bidan yang luas di seluruh Indonesia memungkinkanmasyarakat untuk lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan reproduksi dan KBtanpa perlu bepergian jauh.

Tanpa Antri, Pelayanan Lebih Cepat: Di Bidan, tidak perlu khawatir tentangantrian panjang. Bidan siap memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk berkonsultasi atau mendapatkan pelayanan KB.

Nyaman dan Personal: Bidan menawarkan suasana yang lebih intim dan personaldibandingkan fasilitas kesehatan yang besar. dapat merasa lebih nyaman dantenang dalam berkonsultasi, karena Bidan siap mendengarkan dengan penuhperhatian dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi. Terjangkau dan Tepercaya:Bidan dikenal sebagai tenaga kesehatan yang andal dan terlatih, selain itu, biayalayanan yang ditawarkan oleh Bidan cenderung lebih terjangkau, menjadikannyapilihan yang tepat bagi semua kalangan masyarakat.

Dr. Ade Jubaedah, S.Keb., Bdn., MM., MKM., menjelaskan, peran bidan saat inisemakin krusial di tengah regulasi yang terus berkembang. Tantangan dalam mematuhistandar layanan kesehatan yang lebih ketat harus diimbangi dengan peningkatan kapasitasdan kompetensi Bidan, serta memastikan bahwa layanan kesehatan tetap terjangkau bagiseluruh masyarakat. 

“Kampanye ini adalah upaya kami untuk memperkuat posisi bidansebagai mitra tepercaya dalam pelayanan keluarga berencana,” katanya 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading