Sukses

Parenting

Pilihan Sajian Seafood Aman Berkhasiat untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering mengonsumsi seafood? Sajian berbahan dasar hewan laut ini memang sangat menggiurkan. Tak hanya rasanya yang enak dan bikin nagih, kandungan berkhasiat yang ada di dalamnya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Baik usia tua maupun muda pasti akan ketagihan jika disajikan santapan menu seafood yang baru matang dengan saus barbeque asam manis yang menggugah selera. 

Namun, terkadang beberapa orangtua lebih memilih untuk tidak memberikan sajian berbahan dasar hewan laut ini kepada sang buah hati dikarenakan khawatir akan berdampak buruk dalam kesehatannya, terutama khawatir sang anak akan alergi. Nyatanya, seafood adalah makanan dengan kandungan kaya akan nutrisi mulai dari omega 3, mineral penting yang dibutuhkan tubuh, serta berbagai macam vitamin. Tentu hal ini kembali pada pilihan dari orangtua masing-masing, penting untuk mereka memilih dan menimbang kira-kira sajian seafood macam apa yang bermanfaat untuk sang anak namun tetap aman saat memakannya.

Lantas, menu apa saja yang bisa ibu-ibu ambil untuk menjadi pilihan sajian seafood sehat yang bisa memberikan khasiatnya kepada sang buah hati tanpa adanya rasa khawatir? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Salmon

Salmon merupakan salah satu pilihan yang tepat dan baik untuk sang anak. Kandungannya yang penuh akan omega 3, vitamin D serta protein mampu memberikan kesehatan pada jantung dan otak anak. Ikan salmon juga minim terkandung merkuri, sehingga cocok untuk santapan sang buah hati. Kamu bisa menyajikannya dengan potong fillet salmon menjadi beberapa potong, lalu panggang dengan bumbu sederhna seperti garam dan perasan lemon, lalu sajikan sebagai menu pelengkap dalam sajian menu sayuran atau lauk lain. Kamu juga bisa menambahkan potongan salmon panggang pada isian burger sehat agar sang anak tertarik untuk memakannya.

2. Udang

Udang merupakan sajian laut dengan kandungan protein tinggi dan rendah akan lemak. Kandungan vitamin B12, mineral penting selenium, serta fosfor mampu menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan tulang sang buah hati. Namun terkadang, ada beberapa anak yang berpotensi alergi pada udang, untuk itu kamu bisa berkonsultasi kepada para ahli mengenai alergi tersebut sebelum kamu mencoba memberikannya kepada sang anak. Sajian yang bisa kamu buat dari udang cukup bervariasi, kamu bisa memanggangnya dengan perasan lemon lalu menambahkannya sebagai lauk di hidangan pasta ataupun nasi goreng sehat kalian. Kamu juga bisa membuat hidangan udang crispy dengan minyak sehat yang bisa menarik perhatian anak untuk tertarik mencobanya. Selain itu, kamu juga bisa membuat sate udang dengan bumbu rempah melimpah yang khas serta cocolan saus tomat yang tentu menyegarkan.

3. Cumi-cumi

Hidangan satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Dalam jajanan malam pun pasti kamu sering menjumpai hidangan berbahan dasar hewan laut ini dengan model sajian sate barbeque atupun crispy. Kandungan vitamin B12, protein baik, zinc, atupun selenium mampu memberikan manfaat untuk tumbuh kembang sang anak. Namun, tentunya ibu harus memperhatikan kesegaran yang ada pada cumi-cumi ini. Beberapa cara penyajian dari bahan dasar hewan laut ini bisa kamu coba seperti, memanggangnya dengan perasan lemon dan garam lalu dilapisi saus barbeque manis untuk cita rasa anak semakin naik, ataupun menumis cumi dengan sayuran lain yang meyehatkan.

4. Ikan Kod

Ikan cod memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lembut sehingga cocok untuk anak-anak yang baru mulai mengonsumsi seafood. Ikan cod juga rendah merkuri dan tinggi protein serta vitamin B6, B12 dan omega-3, yang penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf anak. Cara penyajian yang bisa kamu coba seperti, membuat fish and chips untuk camilan anak versi sehat dengan memanggang ikan lalu menggoreng kentang dengan minyak sehat, ataupun menambahkan potongan ikan kod pada tumisan sayur segar ataupun taco sehat berisi sayuran.

Itulah beberapa inspirasi menu seafood pilihan yang cocok dan aman untuk dikonsumsi sang buah hati. Semua bisa Sahabat Fimela terapkan dengan catatan, harus mengecek kesegeran dari bahan yang ada, dan juga mengecek alergi yang diderita oleh sang anak. Dengan begitu, sang anak akan tetap mendapat khasiat tinggi yang dibutuhkan tubuh namun tetap aman saat dikonsumsinya. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading