Sukses

Parenting

4 Tips Membuat Rumah yang Lebih Aman dan Nyaman untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Semua orangtua pasti memiliki tingkat kekhawatiran yang sama untuk anak-anak mereka. Mempersiapkan segalanya untuk kesehatan sang anak menjadi prioritas utama sepasang orangtua. Dengan hunian yang aman, tersedia, tertata, nyaman, jauh dari kuman adalah impian semua orangtua. Namun apa saja yang bisa kita siapkan untuk mewujudkan itu semua? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Foam Guard di Setiap Sudut Rumah

Rumah hunian yang memiliki banyak sekali perabot seperti, kompor, kulkas, sofa, meja, kursi, peralatan dapur, hingga produk berbahan kimia akan bisa menjadi sangat berbahaya bagi sang buah hati. Untuk mengurangi posibiltas akan adanya benturan, terjungkir, ataupun yang lain, wajib bagi sepasang orangtua untuk memberikan foam guard di setiap sudut rumah. Pemasangannya sangat sederhana, kamu hanya harus menyesuaikan foam guard dengan properti ataupun sudut yang ingin kamu lindungi dengan foam guard, lalu tinggal tempel, selanjutnya anak akan bisa dengan bebas bergerak di dalam rumah. Namun, hal ini juga tidak mengurangi pengawasan yang wajib dilakukan oleh kedua orangtua.

2. Alas Kaki

Tampak sederhana namun beresiko fatal jika terlewat. Dengan menyediakan alas kaki di depan pintu depan, ataupun di depan kamar mandi bisa mengurangi posibilitas sang buah hati tersungkur jatuh. Anak-anak pada umumnya akan langsung keluar dari kamar mandi setelah ia mandi sore ataupun pagi, tentu air bekas siramannya tidak akan terseka secara sempurna oleh handuk. Oleh karena itu, penempatan alas kaki di sini dinilai sangat penting, karena jika tidak, anak-anak akan sangat mungkin tergekincir dan bisa merujuk pada benturan lain yang bisa saja sangat membahayakan keselamatannya.

3. Karpet Tebal

Pemasangan karpet tebal dan berbulu juga dinilai sebagai aspek penting dalam penataan hunian rumah yang aman dan baik untuk anak. Dengan melapisi lantai dengan karpet tebal, maka posibilitas sang anak untuk tergelincir akan menurun. Tak hanya itu saja, kesehatan sang buah hati pun dapat terjaga, karena anak-anak akan lebih mempunyai tempat aman untuk bermain dalam rumah daripada langsung besentuhan dengan dinginnya lantai yang kita tak tahu kuman apa saja yang ada di bawah sana. Namun, pemasangan karpet tebal ini, terutama karpet berbulu, harus juga mempertimbangkan kebersihannya. Kamu bisa membersihkan karpet tersebut selama sehari dua sampai tiga kali dengan pembersih debu atau vacuum cleaner.

4. Pagar Tempat Tidur

Pemasangan pagar di sekeliling tempat tidur dapat menjaga sang buah hati saat tidur di malam hari. Terutama pada saat kita kehilangan kesadaran dimana kita tertidur lelap di malam hari, tentu anak ahrus tetap terjaga keselamatannya. Oleh karena penggunaan pagar ini akan sangat membantu para orangtua untuk menjaga si kecil di malam hari. Namun, tentu pilihlah bahan pagang yang aman dan ramah untuk anak, agar anak tidurnya pun lelap dan nyaman.

Itulah beberapa fasilitas wajib kamu tambahkan di rumahmu untuk keamanan sang buah hati. Sudah adakah fasilitas tersebut di rumah kalian?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading