Sukses

Parenting

4 Alasan Membaca Buku sebelum Tidur Penting untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah membaca buku sebelum tidur? Membaca buku sebelum tidur, tak terkira, memiliki banyak sekali manfaat penting bagi perkembangan anak. Kamu sebagai orangtua yang baik tentu ingin yang terbaik untuk si kecil. Penerapan kebiasaan membacakan buku untuk anak sebelum ia tidur adalah langkah kecil manfaat besar yang wajib untuk kamu coba. 

Berikut beberapa alasan kenapa kamu wajib menerapkan membaca buku sebelum tidur untuk sang buah hati!

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kebiasaan membaca buku sebelum tidur, nyatanya, membantu si kecil lebih rileks dan tenang menuju pada alam mimpinya. Proses ini membantu anak kamu terhindar dari aktivitas yang bisa mengganggu nyenyaknya tidur, seperti bermain gawai atau menonton TV, karena rangsangan akan aktivitas tersebut telah berkurang dan tergantikan oleh aktivitas membaca. Dengan ini, suasana rumah menjadi santau, anak pun cepat tertidur nyenyak.

2. Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Membaca adalah jembatan ilmu. Semakin anak kamu banyak membaca ataupun banyak mendengarkan bacaan-bacaan yang kamu bacakan untuk mereka, dapat membantu anak mengembangkan ide-ide kreatifnya. Membaca cerita dapat memicu imajinasi mereka dalam membayangkan karakter, tempat, situasi yang ada pada buku. Dengan ini, perkembangan kognitif anak dalam kemampuan berpikir kreatidnya akan terbantu.

3. Menguatkan Hubungan Orangtua dan Anak

Dengan membaca bersama orangtua, maka waktu yang dihabiskan oleh keduanya pun menjadi lebih banyak. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk menguatkan keterikatan akan hubungan orangtua dan anak. Momen ini bisa menjadi sangat menyenangkan untuk saling berinteraksi dan memperkuat ikatan emosional. Anak akan merasa ditemani dan disayangi, begitupun sebaliknya yang dialami oleh orangtua. Hal ini merujuk pada perkembangan emosional mereka dapat tumbuh dengan sehat dan baik karena lingkungan rumah yang juga sehat.

4. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Saat anak membaca atau dibacakan buku oleh orangtua, mereka akan mulai peka akan beragam kosata kata baru, bahasa baru, ataupun kiasan baru yang dipaparkan di dalam buku. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan berbahasa mereka terutama cara berbicara dan pemahaman mereka akan apa yang harus diucapkan dalam situasi tertntu. Tak hanya berbicara, kemampuan menulis juga akan mulai berkembang saat si kecil sudah pandai untuk berkomunikasi.

Itulah beberapa manfaat yang akan sang buah hati terima jika kita membiasakan mereka untuk membaca buku sebekum tidur. Cara ini adalah cara yang efektif untuk mendukung perkembangan anak baik sosial, intelektual ataupun emosional selagi menghabiskan waktu berharga bersama orangtua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading