Sukses

Parenting

50 Tahun Nova Baby Tumbuh dan Berkembang Bersama Ibu dan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia yang terus berkembang, perempuan semakin mengambil peran penting dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bisnis. Salah satu contoh nyata dari kekuatan dan kemampuan perempuan adalah hadirnya brand Nova yang didirikan oleh Lusyana Halim sejak 1974.

Nova memasuki tangga baru dimana tahun ini menginjak usia 50 tahun dibidang industri pakaian anak dan bayi. Terus bertahan dan berkembang di industri ini adalah tidak mudah, apalagi di tengah gempuran perang harga, bebasnya barang impor masuk tanpa mengindahkan perlindungan industri lokal. Kreatifitas tanpa henti untuk melahirkan produk-produk terbaik mendengarkan suara pelanggan dengan hati, dan melibatkan seluruh karyawan dan stakeholder untuk terus tumbuh dan berinovasi agar terus melayani kebutuhan ibu akan pakaian anak dan bayi yang berkualitas.

Kontribusi Nova dalam Melahirkan Ribuan Tenaga Ahli Perempuan

Dalam prosesnya sendiri, Nova memiliki kebijakan bahwa 95% total pekerjanya adalah perempuan. Nova memberikan kesempatan untuk semua perempuan terus tumbuh dan berkarya meski sudah berumah tangga dan sibuk membesarkan buah hati. Keterlibatan perempuan dalam industri pakaian tidak sekedar menggunakan tenaga mereka untuk jahit dan proses produksi. Melainkan juga memberikan edukasi bagaimana mengenalkan dari dasar hingga level mahir untuk menjahit pakaian yang berkualitas dengan standar yang tinggi baik kenyamanan, awet dan dalam jumlah yang banyak. 

Saat merintis Nova, Ibu Lusyana Halim mengalami tantangan tersendiri karena sangat sulit menemukan penjahit perempuan yang sudah mahir dan terbiasa memproduksi barang dengan jumlah banyak. Turun langsung memberikan pelatihan, arahan serta pendampingan kepada perempuan yang akhirnya meningkatkan keterampilan mereka dalam proses produksi. 

Tidak terbatas hanya dalam skala operasional yang harus ditingkatkan kemahirannya melainkan juga melibatkan mereka saat pembelian bahan baku hingga akuntansi. Berdaya secara menyeluruh dan membuka peluang untuk terus tumbuh kepada semua perempuan-perempuan yang terlibat dalam Nova.

Sudah terhitung ribuan tenaga ahli yang lahir berkat bimbingan dan arahan pendiri Nova. Mereka tidak sekedar bekerja melainkan juga memberdayakan kemampuan, meningkatkan keahlian dan tentunya yang paling penting adalah memberikan kesempatan untuk ibu dan perempuan terus berkarya meski mereka sudah berumah tangga. Tidak sekedar menyentuh secara ekonomi melainkan juga menciptakan generasi yang terus belajar dan berkarya tanpa memandang status dan gender melalui pakaian anak.

Produksi Lebih dari 100 Juta Pakaian Anak dan Bayi Sejak 2018

Jika kita melihat kebelakang, pada tahun 2018  Nova sudah memproduksi lebih dari 100.000.000 pakaian anak dan bayi. Keterlibatan penjahit terbaik, pemilihan pemasok bahan baku yang tepat, proses pengguntingan bahan yang presisi dan quality control yang sesuai standar adalah sebuah standar yang dilakukan Nova untuk terus dekat dengan konsumennya. 

Konsumen setia Nova diberikan suguhan pakaian yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan tagline mereka yaitu 3A (Aman, Awet dan Adem). Pakaian yang aman ketika dikenakan untuk anak bahkan newborn yang memang memiliki sensitivitas tinggi. Awet, artinya bahwa pakaian yang dikenakan akan tahan lama, tidak mudah jebol baik dari segi bahan maupun kualitas jahitannya. Dan yang terakhir Adem, dengan rata-rata suhu di Indonesia yang tergolong panas dan gerah maka memilihkan pakaian dengan bahan yang adem adalah sebuah keharusan agar anak merasa nyaman saat beraktifitas dan mengexplore hal-hal baru yang super menarik.

Nova sebagai Contoh Kepemimpinan dalam Woman Empowerment

Nova tidak sekedar sebuah perusahaan yang memproduksi pakaian saja, tetapi bisa dikatakan bahwa Nova adalah rumah kedua bagi seluruh tenaga kerja khususnya perempuan. Dengan mayoritas pekerjanya adalah seorang perempuan, maka Nova sudah menjadi leader dan memberikan contoh untuk seluruh pelaku usaha bahwa tenaga perempuan mampu berkarya dan berdaya. 

Founder Nova, Ibu Lusyana Halim meyakini bahwa Negara ini akan terus kuat jika perempuan-perempuannya berdaya dan mampu sejajar di segala bidang. Sudah saatnya women empowerment diterapkan oleh seluruh kalangan baik pelaku usaha, pemerintah maupun swasta. Dan Nova siap untuk menjadi partner dan wadah bagi seluruh perempuan Indonesia.

 

 

 

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading