Sukses

Parenting

Nutricia Ajak Orangtua Ciptakan Pengasuhan yang Layak Anak untuk Mendukung Imunitas dan Stimulasi Tepat bagi Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Saat ini, orangtua menghadapi tantangan besar untuk bisa beradaptasi dengan era digital parenting, di mana informasi dari berbagai platform dapat dengan mudah diakses. Berdasarkan hasil riset tahun 2019 terhadap orangtua millenial di Indonesia, lebih dari setengahnya (55,9%) memanfaatkan internet, khususnya media sosial untuk mencari informasi tentang parenting. Namun, tidak semua informasi yang beredar di internet dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mencari informasi dari sumber terpercaya, agar dapat menerapkan parenting yang layak anak dan mendukung perkembangan optimal anak. Mengingat bahwa kesehatan dan perkembangan kognitif anak menjadi isu penting dalam dunia parenting di era digital saat ini.

Perlu diketahui, menurut Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) masih menjadi masalah yang serius, sekitar 34,2% atau 3 dari 10 anak Indonesia mengalami ISPA. Kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan anak, sebab sistem imun berperan penting dalam mendukung prestasi anak, karena kesehatan yang baik secara langsung mempengaruhi kemampuan belajar dan performa akademik anak. Sementara, berdasarkan PISA (Programme for International Student Assessment) di tahun 2018, skor anak Indonesia tergolong rendah. Dari 79 negara, Indonesia menduduki peringkat 73 untuk matematika, 74 untuk membaca, dan 71 untuk sains. Rendahnya skor PISA mengindikasikan perlunya peningkatan tidak hanya dalam metode pendidikan, tetapi juga dalam aspek kesehatan anak. Nutrisi yang tepat dapat menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki performa akademik melalui peningkatan daya tahan tubuh dan fungsi kognitif. 

Kunci Tumbuh Kembang Anak yang Baik Terletak pada Sistem Imun Tubuh

“Sistem imun yang kuat berperan penting dalam melindungi otak dari infeksi dan inflamasi. Sistem imun yang lemah dapat membuat anak lebih rentan terhadap infeksi, yang pada akhirnya mengganggu proses belajar dan pertumbuhan otak mereka. Ketika anak sering sakit, proses belajar dan perkembangan otak dapat terganggu. Sistem imun yang sehat membantu memastikan anak tetap aktif, belajar dengan baik, dan berkembang secara optimal. Nutrisi yang menunjang imunitas serta perkembangan otak anak, dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang kaya akan prebiotik yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran, omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan ikan kembung, omega-6 yang bersumber dari makanan seperti telur, vitamin C salah satunya dari buah jeruk, dan vitamin E seperti yang terkandung dalam buah alpukat, yang mendukung kesehatan saluran pencernaan,” papar Dokter Spesialis Anak, dr. Atilla Dewanti, SpA(K).

Nutricia Berkomitmen untuk Memberikan Nutrisi yang Baik untuk Anak, Sehingga Anak Mampu Jadi Seorang Pemenang

Tantangan dalam digital parenting dan kesehatan anak saling terkait. Orangtua perlu memperhatikan sumber informasi parenting yang kredibel dan memastikan pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang optimal anak. Sejalan dengan hal itu, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024: Anak Terlindungi, Anak Tumbuh Jadi Pemenang, Nutricia menekankan pentingnya digital parenting yang tepat melalui sumber terpercaya untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak. Hal ini disampaikan dalam webinar Bicara Gizi dengan tema Dukung Anak Tumbuh Jadi Pemenang: Optimalkan Sistem Imun dan Perkembangan Otaknya. Nutricia terus mendorong edukasi mengenai pentingnya nutrisi dan stimulasi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, agar anak tumbuh menjadi pemenang. Melalui berbagai platform yang bekerjasama dengan berbagai komunitas, Nutricia ingin menjangkau lebih banyak keluarga Indonesia.

Nutricia Menyediakan Layananan Digital Parenting untuk Orangtua Mendapatkan Informasi yang Terpercaya

“Nutricia menyediakan layanan digital parenting melalui Nutriclub yang menghadirkan program-program yang bertujuan untuk mempermudah orangtua mendapatkan informasi tentang imunitas, nutrisi, dan tumbuh kembang anak. Nutricia memahami bahwa digital parenting menuntut orang tua untuk lebih peka terhadap teknologi dan bagaimana teknologi tersebut memengaruhi anak-anak mereka. Nutriclub memberikan panduan praktis dan edukatif untuk mendukung orangtua dalam menghadapi tantangan ini. Melalui Nutriclub, orang tua dapat mengakses ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi, keseluruhan konten di Nutriclub sudah tervalidasi oleh expert,” papar Medical Science  Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH.

Dr. Ray menambahkan bahwa selain memberikan edukasi kepada orangtua, Nutricia juga senantiasa berinovasi untuk memberikan dukungan nutrisi yang tepat. Sebab, dalam menghadapi era digital yang penuh tantangan, menjaga imunitas untuk tumbuh kembang dan kognitif anak menjadi prioritas utama. “Untuk itu, Nutricia menghadirkan Nutrilon Royal untuk anak di atas 1 tahun, dengan keunggulan double biotics FOS:GOS, EPA, dan DHA yang telah teruji klinis dapat membantu memperkuat imunitas anak dan memaksimalkan kognitifnya. Nutrilon Royal hadir sebagai susu tanpa sukrosa atau gula tambahan, memastikan anak mendapatkan nutrisi optimal. Dengan dukungan nutrisi yang tepat akan membantu meningkatkan imunitas dan perkembangan kognitif anak, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pemenang di masa depan,” tutup dr. Ray.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading