Sukses

Parenting

10 Tanda Hamil Muda yang Mudah Dikenali Tanpa Test Pack

Fimela.com, Jakarta Kehamilan adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam kehidupan seorang perempuan. bagi banyak perempuan yang belum bisa merasakan kehamilan dalam hidupnya meski sudah menikah lama, ia akan mengusahakan segala cara demi bisa hamil. Tidak sedikit perempuan yang setiap bulan mencoba melakukan tes kehamilan demi memastikan dirinya hamil atau tidak. Mengenai kehamilan sendiri, biasanya kedatangannya akan ditandai dengan beberapa hal. Beberapa perempuan bisa langsung menyadari tanda ini, namun beberapa lagi nyatanya kurang peduli dengan kehamilan yang terjadi.

Mengetahui tanda-tanda kehamilan muda akan membantumu mempersiapkan diri lebih awal dan baik untuk menyambut buat hati. Ini juga akan memastikan Mom mendapatkan perawatan terbaik yang diperlukan. Apa saja kiranya tanda dari hamil muda? Berikut beberapa tanda yang mudah dikenali. Bahkan tanpa melakukan tes kehamilan jika memang Mom dalam waktu memprogram kehamilan. Simak baik-baik tandanya. 

 

Telat Menstruasi

Salah satu tanda hamil muda yang paling umum adalah telat menstruasi. Jika siklus menstruasimu biasanya teratur, keterlambatan menstruasi bisa menjadi indikasi awal kehamilan. Namun, telat menstruasi juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti stres atau perubahan hormonal pada tubuh. 

Mual dan Muntah

Mual dan muntah, yang sering disebut sebagai morning sickness adalah gejala umum pada awal kehamilan selanjutnya. Meskipun disebut morning sickness, gejala ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Biasanya, gejala ini mulai muncul sekitar minggu ke-6 kehamilan dan bisa berlangsung hingga trimester kedua. 

 

 

Perubahan pada Payudara

Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif, bengkak, atau terasa nyeri. Areola (area sekitar puting) juga bisa menjadi lebih gelap dan lebih besar. Perubahan ini akan membuatmu memiliki payudara yang sedikit berbeda jika dibanding sebelum kehamilan. 

Mudah Lelah

Kelelahan yang berlebihan adalah tanda umum lainnya pada awal kehamilan. Peningkatan hormon progesteron bisa membuatmu merasa sangat lelah, bahkan jika kamu tidak melakukan aktivitas berat. Umumnya, perempuan yang hamil muda akan lebih mudah merasa lelah dan mengantuk berat tanpa sebab. 

 

Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, tubuh mulai memproduksi lebih banyak darah, sehingga ginjal bekerja lebih keras untuk memproses cairan tambahan. Hal ini bisa menyebabkan Mom lebih sering buang air kecil. Meningkatkan frekuensi buang air kecil ini juga terjadi karena perut yang terus membesar karena kehamilan dan menekan kandung kemih. 

Perubahan Mood

Perubahan hormonal juga bisa mempengaruhi suasana hati. Mom mungkin merasa lebih emosional atau mudah tersinggung dari biasanya. Perubahan mood atau perasaan ini akan semakin sering dimiliki oleh perempuan yang sedang hamil muda. Ya, walau saat siklus menstruasi hal ini juga sering terjadi. 

 

Makin Sensitif Terhadap Bau

Banyak perempuan hamil yang melaporkan peningkatan sensitivitas terhadap bau selama awal kehamilan. Bau yang sebelumnya tidak mengganggu, bisa menjadi sangat menyengat atau tidak menyenangkan. Sebaliknya, bau yang awalnya sangat dibenci menjadi sangat disukai atau makin sering dirindukan. 

Meningkatnya Suhu Tubuh

Suhu tubuh basal adalah suhu tubuh saat istirahat. Jika Mom memperhatikan bahwa suhu tubuh basalmu tetap tinggi selama lebih dari dua minggu setelah ovulasi, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan. Banyak perempuan yang akan mengalami peningkatkan suhu tubuh ini saat hamil. 

 

Mengalami Kram Perut, Disusul Keluar Bercak

Beberapa perempuan mungkin akan mengalami kram ringan dan bercak (spotting) pada awal kehamilan. Ini bisa terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Pusing dan Sakit Kepala

Perubahan sirkulasi darah dan hormon selama awal kehamilan juga rentan menyebabkan pusing dan sakit kepala. Saat Mom merasa lebih mudah pusing atau sakit kepala setelah ovulasi dan berhubungan badan, disertai tanpa adanya menstruasi, bisa jadi Mom sedang hamil muda. 

Mengetahui tanda-tanda hamil muda ini akan cukup membantumu mengenali kehamilan lebih awal. Jika Mom mencurigai bahwa kemungkinan kamu hamil, sangat disarankan untuk melakukan tes kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter untuk konfirmasi dan nasihat lebih lanjut. Perawatan prenatal yang baik sangat penting untuk kesehatan Ibu dan janin ke depannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading