Sukses

Parenting

7 Cara untuk Menjaga Kewarasan sebagai Ibu Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu pekerjaan paling menantang dan penuh tanggung jawab. Mengurus rumah, anak-anak, dan berbagai tugas sehari-hari tak jarang menjadi terasa sangat berat dan melelahkan. Ini bahkan sering kali menguras emosi. Oleh karena itu, menjaga kewarasan adalah hal yang sangat penting bagi ibu rumah tangga. Tentunya agar peran sebagai ibu rumah tangga dijalani dengan lebih baik, bahagia dan penuh cinta. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Mom lakukana untuk membantu menjaga kewarasan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. 

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Melansir dari laman healthline.com, studi menemukan jika kurang tidur dan kelelahan adalah penyebab utama stres. Semetara itu, stres adalah penyebab dari berbagai masalah kesehatan baik kesehatan fisik pun psikiis. Kurang tidur rentan menyebabkan stres, kelelahan, dan bahkan depresi kronis. So, sastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas setidaknya 7-8 jam setiap malam. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur siang saat anak-anak tidur untuk menambah energi.

 

 

Makan Makanan Bergizi

Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga energi dan mood tetap stabil. usahakan untuk senantiasa makan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Hindari makanan cepat saji dan makanan yang tinggi gula. meski enak di lidah, konsumsi makanan jenis ini secara berlebihan bisa menyebabkan lonjakan energi yang cepat diikuti dengan penurunan yang drastis. Selain tidak sehat bagi fisik, ini juga tidak sehat bagi psikis. 

Mendapatkan Perhatian dan Dukungan dari Suami

Dukungan emosional dari suami sangatlah penting bagi kesejahteraan mental ibu rumah tangga. Komunikasi yang baik dan perhatian dari suami, mampu memberikan rasa dihargai dan dicintai. Luangkan waktu untuk saling berbicara dan berbagi cerita tentang hari-harimu maupun hari suami. Dukungan dari suami tidak hanya berupa kecukupan materi yang baik, tapi juga bisa berupa bantuan dalam mengurus anak atau pekerjaan rumah tangga bersama. 

 

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meskipun tugas sebagai ibu rumah tangga sangat menyita waktu, penting untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Lakukan aktivitas yang bisa kamu nikmati seperti membaca, berolahraga, atau sekadar berjalan-jalan. Waktu untuk diri sendiri walau sebentar, akan cukup membantu meredakan stres. Ini juga memberimu kesempatan untuk mengisi ulang energi. Titipkan buah hati ke suami atau keluarga lain yang terpercaya sejenak saat kamu ingin meluangkan waktu buat diri sendiri. 

Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman dan keluarga. Berbicara dengan orang-orang yang kamu percayai akan cukup membantumu mengurangi beban pikiran. Ini juga akan memberikan perspektif baru dalam hidupmu. Menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, bisa memberikan kebahagiaan dan rasa nyaman.

 

Manajemen Waktu yang Baik

Mengatur waktu dengan baik akan cukup membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Buatlah jadwal harian yang realistis dan prioritaskan tugas-tugas yang penting. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika merasa kewalahan dengan apa yang kamu lakukan. 

Berlatih Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk berlatih teknik-teknik ini.

Menjaga kewarasan sebagai ibu rumah tangga memang memerlukan usaha dan perhatian, namun hal ini sangat penting demi kesejahteraan diri sendiri dan keluarga. Walau terkadang menjadi ibu rumah tangga tampak santai, sejatinya sebagai ibu rumah tangga justru sangat berat. Sebagai ibu rumah tangga ataupun ibu pekerja, yuk Mom senantiasa semangat dan berikan yang terbaik buat keluarga di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading