Sukses

Parenting

6 Tips Melatih Anak agar Tidak Gengsi Mengekspresikan Rasa Sayang

Fimela.com, Jakarta Umumnya, anak-anak tidak malu menunjukkan kasih sayang. Seiring bertambahnya usia anak, mereka menjadi semakin canggung dalam menunjukkan kasih sayang terhadap orangtuanya. Dibutuhkan lebih banyak upaya sebagai orangtua untuk mengenali tanda-tanda perasaan sayang.

Mengatakan “Aku menyayangimu” setiap hari atau setiap kali kamu menutup telepon dengan anak atau pasangan, pada akhirnya kata-kata tersebut akan kehilangan arti pentingnya. Namun, mengucapkannya dan menunjukkannya saat Sahabat Fimela merasakannya, tetaplah penting berapa pun usia anakmu, untuk membuatnya terlatih dalam mengekspresikan rasa sayang.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 tips agar anak Sahabat Fimela tidak gengsi untuk mengekspresikan rasa sayang terhadap orangtuanya.

1. Mengungkapkan rasa sayang secara spontan

Anak akan merasa bahwa dia disayangi selama 24 jam jika orangtua menunjukkan rasa sayang secara spontan, seperti dengan berbicara atau bermain bersama. Dengan begitu, anak akan tertarik melakukan hal yang sama kepada orangtua.

2. Berbicara tentang manfaat dari kasih sayang

Sahabat Fimela dapat melakukan obrolan tentang manfaat dari kasih sayang yang dapat membantu anak memahami pentingnya mengekspresikan rasa sayang.

3. Menggunakan bahasa yang sesuai

Menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak dapat membantunya memahami cara mengekspresikan rasa sayang.

4. Memberikan contoh teladan

Memberikan contoh teladan yang positif, seperti menunjukkan sikap-sikap kasih sayang, empati, dan kepedulian, sangat penting dalam membimbing anak usia dini agar memiliki karakter penuh cinta dan kasih sayang.

5. Tanyakan apa yang anak pikirkan

Tanyakan apa yang anak pikirkan dan bagaimana ia merasa, sehingga anak merasa lebih nyaman dan lebih mudah mengekspresikan rasa sayang.

Menunjukkan keseriusan dalam mengenyam pendidikan dapat membantu anak merasa lebih percaya diri dan lebih mudah mengekspresikan rasa sayang.

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading