Sukses

Parenting

5 Tips Tumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Anak

Fimela.com, Jakarta Fase anak-anak merupakan salah satu fase penting karena pada fase ini adalah fase-fase pertumbuhan. Pada fase ini anak akan belajar banyak hal dan banyak meniru hal di sekitar mereka. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak kegiatan yang bermanfaat untuknya, salah satunya adalah kegiatan membaca.

Kegiatan membaca terkadang menjadi hal yang membosankan bagi anak. Di sinilah peran orang tua sangatlah penting untuk membiasakan anak untuk membaca buku. Kenali 5 tips ini untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak:

1. Ketahui Minat Anak

Sebelum menentukan buku untuk dibaca anak. Lebih baik untuk mengetahui apa yang sedang menjadi minat anak, seperti pertemanan, superhero, atau fiksi. Setelah itu, Sahabat Fimela bisa mencari buku sesuai dengan apa yang disukai anak. Tapi ingat untuk tidak membatasi anak untuk mengeksplorasi bacaannya. Asal masih dalam pengawasan orang tua dan orang dewasa.

2. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang mendukung minat membaca anak. Bila memiliki ruang membaca di rumah, buat ruangan itu memiliki suasana yang nyaman. Bisa mulai dari dekorasi, penataan tata letak, hingga suasana yang tenang untuk membaca. Sehingga anak lebih betah saat membaca buku.

3. Biasakan Membaca Bersama

Jangan ragu untuk membaca buku bersama anak. Saat ini bisa menjadi saat yang tepat untuk bonding hubungan antara anak dengan orang tua. Orang tua juga bisa melakukan story telling pada sesi ini. Ceritakan kisah dengan ekspresif dan membuat anak semakin tertarik untuk membaca buku.

4. Lakukan Aktivitas Menyenangkan Sambil Membaca

Saat membaca buku, Sahabat Fimela juga bisa melakukan berbagai aktivitas penunjang. Contohnya seperti membuat properti bacaan atau melakukan reka adegan sesuai dengan apa yang baca. Kegiatan yang menyenangkan saat proses membaca akan membuat anak lebih antusias dan semangat untuk membaca buku.

5. Sediakan Buku di Sekitarnya

Salah satu cara untuk membuat anak tertarik membaca buku adalah dengan menyediakan buku-buku di sekitarnya. Rasa ingin tahu anak yang tinggi akan membuatnya tertarik untuk membuka dan membaca buku-buku yang disediakan. Tidak hanya disediakan, tapi ajak anak untuk rutin membaca juga.

Yuk mulai biasakan anak untuk membaca buku. Ingat bahwa buku adalah jembatan ilmu. Semoga informasi di atas membantu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading