Sukses

Parenting

6 Tips Mengajarkan Olahraga pada Anak, Supaya Hidup Lebih Sehat dan Aktif!

Fimela.com, Jakarta Aktivitas fisik adalah salah satu bagian terpenting dari kesehatan, kesejahteraan, dan pembelajaran anak. Membantu mereka menerapkan olahraga ke dalam kehidupan menjadi prioritas besar dalam pengasuhan anak modern. Namun, banyak orangtua yang kecewa saat mengetahui putra atau putri mereka tidak menyukai olahraga.

Anak-anak belajar dengan mengamati perilaku orang dewasa dalam kehidupannya. Ini berarti orangtua memainkan peran penting dalam menunjukkan kepada anak-anak bagaimana menjadi olahragawan yang baik. Meluangkan waktu untuk memahami permainan dan kerja tim juga dapat memberikan manfaat besar bagi partisipasi mereka, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Olahraga yang berbeda memerlukan keterampilan yang berbeda pula. Namun, ada beberapa tips yang harus selalu Sahabat Fimela terapkan saat memperkenalkan anak pada dunia olahraga. Melansir dari lifeopedia.com, berikut ini 6 tips mengajarkan olahraga kepada anak.

1. Rencanakan lebih dulu

Akan sangat membantu jika orangtua mengenalkan olahraga secara perlahan, bukan langsung terjun ke dalamnya. Misal, jika Sahabat Fimela mengajari anak bermain bola voli, kamu mungkin ingin memulai dengan mempelajari dasar-dasar menangkap, memukul, dan melempar sebelum mempelajari semua peraturan dan ketentuan permainan tersebut.

Kamu harus memperkenalkan keterampilan tersebut secara perlahan dan mengadakan sesi singkat, di mana anak-anak dapat mempraktilkan dasar-dasarnya. Rencanakan sesi-sesi ini sebelumnya, sehingga kamu mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan dan informasi apa yang ingin disampaikan.

2. Dapatkan peralatan yang diperlukan

Meskipun Sahabat Fimela tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan sampai kamu yakin bahwa anak akan menikmati olahraga tersebut. Kamu perlu memastikan mereka memiliki peralatan dasar yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam olahraga. Kamu sering kali dapat membeli peralatan olahraga bekas dengan harga murah secara online, di iklan baris lokal, atau toko olahraga.

3. Ajarkan keselamatan

Salah satu pelajaran yang harus diterapkan kepada anak-anak adalah bagaimana berpartisipasi dalam olahraga dengan aman. Menjelaskan aturan dasar permainan dan dasar-dasar keselamatan saat mengikuti olahraga. Pastikan untuk menjelaskan pentingnya peralatan keselamatan atau bantalan yang mungkin perlu diperingatkan selama bermain.

4. Mulailah dari dasarnya

Di setiap sesi olahraga, Sahabat Fimela dapat meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari dasar-dasar permainan. Kamu dapat merencanakan pemanasan selama 4 menit, diikuti dengan 4 menit melempar dan 4 menit menangkap. Kemudian dapat mencoba aktivitas menangkap dan menjalankannya. 

Keduanya menjelaskan cara melakukan tugas-tugas penting dalam permainan dan mengilustrasikan keterampilan penting dengan menunjukkan kepada anak-anak apa yang perlu dilakukan. Selanjutnya, berikan anak-anak banyak waktu untuk melatih setiap keterampilan, serta memberikan saran mengenai cara meningkatkan teknik mereka.

5. Berlatih hingga bermain game

Setelah anak memahami dasar-dasar cara memainkan suatu permainan, perkenalkan bermain dengan cara yang tidak menimbulkan tekanan. Pastikan setiap anak dalam tim mempunyai kesempatan untuk bermain dan menikmati pengalaman berolahraga.

6. Sportivitas

Fokuslah untuk menjadi pemenang yang baik. Anak-anak perlu tahu bahwa tidak semua orang pandai dalam olahraga, dan mereka tidak bisa memenangkan setiap pertandingan. Penting untuk mengajari anak-anak bagaimana bersikap ramah, baik bermain secara baik ataupun tidak.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading