Sukses

Parenting

4 Dampak Negatif Rumah Lembab dan Kurang Cahaya untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Selalu perhatikan bahaya ruangan lembab untuk anak, coba perhatikan area rumah mana yang kurang cahaya alami atau mungkin ada bagian rumah yang dingin, lembab, dan berjamur? Karena dampak negatif rumah lembab sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil serta kesehatan fisik maupun mental anak.

Untuk itu penting bagi kita untuk memahami bahaya ruangan lembab dan kurang cahaya di rumah, lalu apa dampak negatif dari rumah lembab dan kurang cahaya untuk anak? Berikut ulasannya melansir berbagai sumber

1. Dapat Meningkatkan Risiko Masalah Pernapasan

Ruangan dalam rumah yang kurang cahaya alami umumnya dingin dan lembab. Kondisi ini membuat virus dan bakteri mudah berkembang biak. Dampak negatif ruangan lembab ini terjadi karena ada partikel lumut dan jamur yang lebih banyak bila dibanding dengan rumah yang kering dan memiliki aliran udara baik.

2. Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit TBC

Laporan lain yang dirilis oleh Canada Communicable Disease Report juga menyebutkan kalau anak yang tinggal di rumah lembab dan kurang ventilasi lebih rentan terkena tuberkulosis (TBC), karena banyak terpapar partikel jamur dan produksi T-Cell yang terhambat.

3. Tumbuh Kembang Anak yang Terhambat

Kurangnya cahaya dan udara segar di dalam rumah dapat menghambat tumbuh kembang anak. Anak-anak yang terus-menerus terpapar pada lingkungan yang lembab dan gelap cenderung memiliki tingkat energi yang rendah, kesulitan berkonsentrasi, dan perkembangan fisik yang terhambat.

Orangtua perlu memastikan bahwa rumah mereka memiliki pencahayaan yang cukup dan ventilasi yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dengan baik.

4. Risiko Asma dari Udara Lembab

Rumah yang lembab sering kali juga memiliki tingkat debu dan tungau yang tinggi, yang dapat memicu asma dan gangguan pernapasan lainnya pada anak-anak yang rentan. Penggunaan alat pembersih udara dan ventilasi yang baik dapat membantu menjaga udara di dalam rumah tetap segar dan bersih.

Dengan dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari udara lembab dan kurangnya cahaya pada ruangan rumah,  wajib menghindari agar tidak terjadi hal yang berbahaya pada si kecil dengan menghadirkan Notale Dehumidifier Milzu pengontrol kelembaban di ruangan yang efektif melindungi dari bahaya gangguan pernafasan, dengan New Edition yang memiliki kapasitas pengeringan 25L/D dan daya tampung air hingga 4L salah satu yang terbesar di kelasnya. Perhatikan juga Tingkat Kelembaban yang Ideal adalah 45%-63%(RH).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading