Sukses

Parenting

5 Manfaat Membacakan Cerita Pengantar Tidur untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sebelum tidur, biasanya orang tua membacakan dongeng pada anak. Membacakan cerita pengantar tidur bagi anak mungkin telah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang tua. Cerita pengantar tidur tidak hanya agar anak cepat mengantuk saja, tapi memiliki manfaat yang lebih dari itu.

Cerita pengantar tidur dapat menjadi media untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak. Jika kegiatan ini dijadikan rutinitas, maka tidak mungkin akan ada manfaat jangka panjang yang didapatkan. Berikut adalah 5 manfaat membacakan cerita pengantar tidur untuk anak:

1. Bonding Antara Orang Tua dan Anak

Tidak bisa dipungkiri lagi, salah satu manfaat membacakan cerita pengantar tidur adalah terbangunnya bonding antara orang tua dan anak. Hubungan orang tua dan anak dapat menjadi lebih dekat interaksi yang dilakukan orang tua dan anak melalui media cerita pengantar tidur. Kedekatan juga dapat dibuat karena posisi membacakan cerita yang dekat.

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Seiring berjalannya waktu, kemampuan anak akan terasah karena sering mendengar orang tuanya membacakan dongeng sebelum tidur. Melalui cerita pengantar tidur, anak akan belajar kemampuan komunikasi. Tidak hanya itu, anak juga akan belajar kemampuan mendengar, memori, hingga kemampuan bahasa.

3. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Saat mendengarkan cerita pengantar tidur, anak akan terfokus pada cerita yang dibacakan. Jika ini dijadikan rutinitas, maka anak akan terlatih untuk menjaga fokus dan konstrasi. Tidak hanya itu, melalui cerita pengantar tidur, anak juga akan lebih dibiasakan dengan kebiasaan membaca.

4. Menambah Pengetahuan

Bacakan cerita yang menambah pengetahuan anak. Ajarkan secara perlahan pengetahuan melalui media cerita pengantar tidur. Kebiasaan ini akan membentuk kepribadikan anak dan memperluas pengetahuannya.

5. Menurunkan Tingkat Stres

Saat sesi cerita pengantar tidur biasanya juga diiringi dengan sesi bercerita satu sama lain dengan anak. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi beban pikiran anak. Sehingga memungkinkan untuk menurukan tingkat stres anak

Ternyata banyak manfaat yang didapatkan melalui sesi cerita pengantar tidur bersama anak. Optimalkan waktu bersama anak dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading