Sukses

Parenting

Demi Proses Melahirkan yang Lebih Lancar, Ini 6 Manfaat dari Kelas Prenatal

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan saat ingin memasuki masa melahirkan. Seorang ibu harus dibekali banyak pengetahuan seputar kehamilan, melahirkan, hingga pengetahuan pascamelahirkan. Pasangan juga harus turut mengetahui dasar-dasar tersebut agar dapat membantu dan mempersiapkan selama masa hamil sampai melahirkan.

Salah satu cara yang dapat diambil adalah dengan mengikuti kelas prenatal. Kelas prenatal biasanya berisikan pengetahuan seputar proses melahirkan. Biasanya, ibu hamil dengan usia kehamilan 30—36 minggu dapat mengikuti kelas prenatal bersama dengan pasangan atau walinya. Dengan mengikuti kelas prenatal, kekhawatiran seputar proses melahirkan dapat dibantu untuk dihilangkan, sehingga pengalaman melahirkan menjadi lebih rileks. Dilansir dari Roots Community Birth Center, inilah 6 manfaat yang didapat dari kelas prenatal.

Tingkat kesehatan yang lebih baik

Terdapat penelitian yang mengindikasikan bahwa orangtua yang hendak melahirkan dan mengikuti kelas prenatal memiliki kemungkinan yang tinggi untuk melahirkan secara normal. Selain itu, mereka juga cenderung tidak mengalami kelahiran sebelum waktunya. Hal tersebut adalah hal yang baik karena bayi yang lahir prematur dapat membuat bayi berada dalam berbagai masalah kesehatan, seperti permasalahan pernapasan hingga permasalahan tumbuh kembang bayi.

Membangun hubungan yang baik dengan pasangan

Baik itu kehamilan pertama atau kehamilan kesekian, proses dari hamil hingga melahirkan selalu menjadi menyenangkan ketika pasangan juga turut membantu dan mendukung. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengikuti kelas prenatal. Melalui kelas prenatal, sepasang calon orangtua dapat belajar banyak seputar kehamilan, proses melahirkan, hingga tahap pascamelahirkan. Dengan demikian, hubungan antara keduanya menjadi lebih erat dan akan membuat proses melahirkan menjadi lebih baik.

Berkenalan dengan keluarga lain yang juga akan melahirkan

Saat mengikuti kelas prenatal, Sahabat Fimela juga dapat berkenalan dengan keluarga-keluarga lain yang akan sedang hamil atau akan melahirkan dalam waktu dekat. Memiliki sebuah komunitas yang berisikan orangtua-orangtua akan sangat membantu, terlebih jika ini ada kali pertama Sahabat Fimela menjadi orangtua. Selain untuk mendapatkan sumber kenyamanan dari orang-orang yang mengalami hal yang sama, Sahabat Fimela juga dapat menciptakan tali pertemanan bagi anak-anak kelak untuk dapat berkenalan dengan satu sama lain.

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan para tenaga kesehatan

Berbagai istilah yang asing di telinga mungkin akan didengar ketika memasuki masa melahirkan. Penting bagi seorang ibu untuk mengomunikasikan apa yang diinginkan saat proses melahirkan dan mengomunikasikan hal-hal yang dikhawatirkan kepada para tenaga kesehatan. Dengan demikian, para tenaga kesehatan akan mengerti kebutuhan dan akan membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Membuat pengalaman melahirkan yang lebih baik

Para peneliti menemukan bahwa para orangtua yang mengikuti kelas prenatal merasa lebih percaya diri untuk melahirkan dan cenderung memiliki kesiapan yang lebih untuk melahirkan. Ketika Sahabat Fimela mengikuti kelas prenatal, Sahabat Fimela akan diberikan berbagai pengetahuan seputar melahirkan, seperti hal-hal apa saja yang harus diperhatikan hingga teknik yang digunakan saat melahirkan nanti. 

Awal yang baik untuk menyusui

Walaupun air susu ibu diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi Sahabat Fimela juga tetap harus belajar bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar. Menyusui bayi membutuhkan latihan dan waktu yang banyak. Oleh karena itu, melalui kelas prenatal, Sahabat Fimela akan dibekali dasar-dasar seputar kegiatan menyusui agar tidak bingung saat sudah melahirkan.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading