Sukses

Parenting

Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata, Inilah Peran Ibu dalam Pendidik Pertama Bagi Anak

Fimela.com, Jakarta Ibu adalah pendidik pertama bagi anak. Anak-anak akan menghabiskan waktu bersama sang ibu dan pengaruh yang diberikan oleh ibu akan sangat berdampak bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, sosok ibu merupakan kunci penting bagi pertumbuhan sang buah hati. 

Dilansir dari Make Mothers Matter, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa seorang ibu yang berpendidikan kemungkinan besar akan memiliki anak yang sehat dan juga berpendidikan. Seorang ibu yang berpendidikan dapat mengetahui tentang nutrisi yang dibutuhkan anak dan bagaimana cara mengurus anak dengan baik, mulai dari apa saja yang boleh dikonsumsi hingga perihal higienitas.

Sebagai pendidik pertama bagi anak, tentu ibu yang berpendidikan akan memberikan banyak dampak baik bagi anak. Seorang ibu akan menjadi contoh yang baik dan dapat mengajarkan berbagai hal yang berguna bagi sang anak di kemudian hari. Seorang ibu juga dapat mengajarkan berbagai soft skill yang nantinya dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Dilansir dari CMR National Public School, inilah peran ibu dalam berbagai masa perkembangan anak.

Dari bayi hingga remaja, peran ibu tidak pernah hilang

Saat bayi, peran ibu sebagai pendidik adalah sebuah hal yang sangat penting. Hal tersebut diakibatkan oleh bayi yang benar-benar bergantung sepenuhnya kepada sang ibu, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan emosional. Naluri seorang ibu yang penyayang akan membuat ikatan kuat antara ibu dan anak, sehingga dapat memberikan dampak baik pada perkembangan emosional anak. Ibu juga dapat memberikan pengetahuan tentang lingkungan sekitar melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk menyentuh berbagai tekstur dan mengeksplorasi berbagai bunyi.

Ketika sudah memasuki masa batita, anak-anak akan mulai belajar untuk melakukan berbagai hal sendiri dan menjelajahi dunia di sekitar mereka. Pada tahap perkembangan ini, seorang ibu dapat berperan sebagai seseorang yang memberikan panduan dan dukungan demi perkembangan anak. Anak-anak dapat diajari berbagai hal melalui permainan atau buku.

Saat sudah berusia lebih dari 3 tahun, peran ibu menjadi semakin penting. Anak-anak akan mulai mempelajari dunia di sekitar mereka dan anak-anak juga mulai membangun kepribadian mereka. Ibu dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik, seperti kejujuran, kebaikan, dan sikap hormat. Seorang ibu juga dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan akademiknya dengan menyediakan dukungan yang membuat anak menjadi senang untuk belajar.

Memasuki tahap remaja, peran seorang ibu tidak hilang begitu saja, tetapi justru menjadi semakin intens. Pada tahap ini, seorang ibu menyediakan panduan dan dukungan agar anak-anak dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang mereka miliki. Ajarkan anak-anak tentang hal-hal penting dalam kehidupan, seperti bagaimana mengatur uang, bagaimana cara membuat keputusan yang tepat, hingga bagaimana membuat hubungan yang sehat. Saat remaja, anak-anak akan mengalami perubahan emosional yang drastis. Peran ibu dalam hal itu adalah sebagai seseorang yang kerap memberikan dukungan di masa-masa sulit tersebut.

Pentingnya peran orangtua sebagai pendidik bagi anak

Dilansir dari Northbridge International School Cambodia, terdapat beberapa alasan yang mendasari pentingnya peran orangtua dalam turut mendampingi dan mendidik anak.

Kemampuan akademik yang tinggi

Ketika orangtua ikut turun tangan dalam mendidik anak, nilai dan peringkat anak di kelas akan menjadi baik. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa peran orangtua dalam mendidik anak terlihat paling signifikan pada kemampuan membaca dan matematika. Semakin dekat hubungan antara orangtua dan anak, semakin banyak manfaat yang dirasakan oleh sang anak.

Sikap yang baik

Anak-anak akan memiliki kemampuan sosial yang baik ketika orangtuanya memberikan pemahaman yang baik. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa anak-anak akan jarang membolos, tidak bertindak merusak di kelas, dan mengerjakan tugas dengan baik ketika ada peran orangtua yang mendampingi kegiatan sekolahnya. 

Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika mendapatkan dukungan dari orangtua, anak-anak akan memiliki sikap positif dan lebih percaya diri ketika di sekolah. Dengan anak-anak memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik, mereka akan melakukan yang terbaik di sekolah dan dapat bersosialisasi dengan anak-anak lain tanpa hambatan. Anak-anak yang turut merasakan peran orangtua selama masa pendidikannya biasanya merasa dianggap dan dihargai, sehingga nilai-nilai yang ada di dalam dirinya terjaga dengan baik.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading