Sukses

Parenting

Bantu Anak Siapkan Hari Pertama Sekolah, Berikut Hal-Hal yang Akan Memudahkan Anak

Fimela.com, Jakarta Masa-masa pertama sekolah adalah masa yang cukup krusial bagi perkembangan anak. Dengan pergi ke sekolah dan menghabiskan waktu di sana, anak-anak akan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dan akan memberikan dampak signifikan pada perkembangan diri mereka. Anak-anak akan menjadi lebih aktif, mandiri, dan percaya diri ketika sudah bergabung dengan anak-anak seusianya.

Sebagai orangtua, pasti cukup menegangkan ketika si kecil sudah ingin memasuki masa sekolah, terlebih saat pertama kali ingin menjejakkan kaki di sekolah. Berbagai kekhawatiran hadir akan kemampuan si kecil di sekolah nanti. Namun, semua kekhawatiran tersebut dapat ditangani ketika anak-anak sudah dipersiapkan dengan baik di rumah. Dilansir dari penguin.co.uk, saat hendak memasuki hari pertama sekolah, anak harus dipersiapkan secara matang. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Persiapkan mental anak

Ajak anak untuk mengenali lingkungannya

Sahabat Fimela dapat mengajak anak-anak untuk mengunjungi sekolah dan berkeliling melihat fasilitas-fasilitas yang ada, seperti ruang kelas dan lapangan. Dengan mengajak berkeliling, anak-anak akan merasa familier dengan lingkungannya dan ia akan menjadi nyaman ketika masuk sekolah nanti. 

Apabila ada saudara kandung yang sudah bersekolah di sekolah tersebut, Sahabat Fimela dapat mencoba mengajaknya menceritakan pengalaman-pengalaman serunya di sekolah, sehingga sang adik akan merasa dekat dengan sekolah dan isinya.

Bantu anak bersosialisasi

Beri pemahaman pada anak untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Apabila pihak sekolah tidak mengizinkan ada pendamping untuk ikut di dalam hari pertama sekolah, Sahabat Fimela dapat bersosialisasi dengan orangtua murid yang lain dan nantinya saling mengenalkan anak dengan satu sama lain. 

Sahabat Fimela juga dapat merencanakan perjalanan singkat bersama dengan orangtua murid lain agar anak-anak dapat bersosialisasi di luar sekolah. Anak-anak akan mengerti bagaimana untuk mengajak seseorang, berempati pada orang lain, dan juga belajar bagaimana untuk saling mengalah ketika sedang bersosialisasi. 

Bangun antusiasme

Sangat penting bagi anak untuk merasa antusias ketika ingin datang ke sekolah untuk pertama kalinya. Mungkin pengalaman ini adalah sebuah hal yang menegangkan bagi mereka, tetapi Sahabat Fimela dapat membantu mereka untuk merasa rileks dan menghadapinya dengan baik. 

Sahabat Fimela dapat mencari buku-buku yang berkaitan dengan hari pertama sekolah dan membacanya bersama. Sahabat Fimela juga dapat duduk dan berdiskusi bersama anak-anak untuk memberikan pemahaman tentang sekolah dan membiarkan mereka bertanya segala hal tentang sekolah. 

Bantu persiapkan perkembangan anak

Salah satu target ketika anak baru masuk sekolah adalah bagaimana membantu mereka menjadi lebih mandiri, baik untuk diri sendiri maupun untuk kebutuhan akademik. Penting sekali bagi anak untuk melakukan penyesuaian menjadi seorang individu yang percaya diri, positif, dan mandiri. Para guru akan membantu anak untuk menjadi mandiri, tetapi berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu mereka sebelum masuk sekolah.

Ajarkan untuk menggunakan toilet

Ketika sekolah dimulai, anak-anak harus mampu pergi ke toilet dan menggunakan toilet seorang diri. Ajarkan mereka berbagai tips sanitasi yang perlu mereka ketahui, seperti bagaimana cara flush toilet atau bagaimana cara mencuci tangan yang bersih. Dengan demikian, anak-anak akan dapat menggunakan toilet dengan nyaman.

Ajarkan tentang kebersihan

Ketika di sekolah, anak-anak pasti akan menghabiskan banyak waktu di luar ruang untuk bermain pasir atau air. Mereka juga akan bermain cat dan berbagai hal menyenangkan lainnya di dalam ruang kelas. Sahabat Fimela dapat mengajarkan bagaimana mereka harus menjaga kebersihan dirinya, seperti mencuci tangan setelah berkegiatan atau menggunakan celemek ketika bermain cat. 

Ajarkan cara makan yang baik

Saat sekolah dimulai, anak-anak akan makan di jam istirahat bersama dengan teman-teman sebayanya. Berbeda dengan di rumah, tidak akan ada orang dewasa yang siap sedia membantu anak-anak untuk memakan makanannya. Maka dari itu, Sahabat Fimela harus membiasakan anak untuk memakan makanannya sendiri dan membiasakan anak untuk makan menggunakan alat makan. Kelak, anak-anak juga akan berkembang lebih lagi ketika sudah bersosialisasi bersama teman sebayanya.Fo

Ajak anak untuk membaca

Salah satu kemampuan yang penting ketika anak pertama kali masuk sekolah. Sahabat Fimela dapat mengajak anak untuk membaca kata-kata dan kalimat-kalimat sederhana. Penting untuk memperkenalkan mereka dengan berbagai buku, bahasa, dan juga cerita sejak kecil. Dengan demikian, anak-anak akan semakin familier dan akan meningkatkan kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading