Sukses

Parenting

3 Kebiasaan untuk Menjaga Gigi Anak agar Tidak Kuning dan Berlubang

Fimela.com, Jakarta Ketika gigi anak sudah mulai tumbuh, maka saat itu pula anak harus mulai mengerti edukasi bagaimana cara merawat dan menjaganya agar tetap sehat. Gigi yang sehat adalah gigi yang tidak berlubang atau menguning. Anak rentan sekali menghadapi gigi berlubang karena sering mengkonsumsi makanan yang manis dan kurang baik untuk gigi.

Gigi anak masih masuk dalam kategori gigi susu yang suatu saat akan berganti menjadi gigi tetap. Sejak gigi susu, anak harus mulai diberikan tanggung jawab dalam merawatnya sebelum giginya berubah menjadi gigi tetap. Anak harus diberikan tanggung jawab juga sebab akibat yang akan timbul jika tidak merawat giginya dengan baik dan benar. 

Gigi adalah penampilan utama yang dilihat ketika sedang berkomunikasi. Aroma dan warna sangat membuat orang lain menyadarinya. Maka dari itu, berikan anak edukasi pentingnya menjaga gigi agar sehat. Berikut 3 kebiasaan yang harus diupayakan sedini mungkin bagi anak untuk menjaga gigi agar tidak kuning dan berlubang.

Sikat Gigi Teratur

Biasakan menggosok gigi pada saat anak mulai tumbuh gigi pertama. Jika gigi anak belum memungkinkan untuk digosok, maka upayakanlah dengan menggunakkan kapas atau tisu. Minimal gigi harus dibersihkan agar jauh dari plak dan bekas makanan yang mengganjal. Wajib bagi anak untuk menggosok gigi sehari dua kali selama dua menit. Akan sangat baik jika setelah makan anak langsung berupaya untuk menyikat giginya agar tidak ada bekas makanan yang membusuk. 

Teknik Sikat GigI

Teknik menyikat gigi juga adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Gunakkan gerakan memutar ketika menyikat gigi dan bukan kekiri atau kekanan. Hal ini akan membuat akar gigi dapat bertumbuh dari atas ke bawah sesuai dengan jalurnya. Jika menyikat gigi kekanan atau kekiri, maka jalur gusi dan pertumbuhan gigi akan terganggu. Maka, disarankan untuk selalu melakukan tindakan memutar ketika menyikat gigi. 

Makanan dan Kandungan Pasta Gigi

Pastikan apapun yang masuk kedalam mulut anak baik bagi nutrisi dan kesehatannya. Makanan yang manis dan juga berlemak membuat gigi anak akan timbul plak dan menguning. Batasi makanan manis yang anak konsumsi agar giginya tidak sakit. Jangan lupa untuk menggunakkan pasta gigi ber flouride. Hal ini akan tetap menjaga gigi anak tetap putih dan sehat. 

Nah itu dia beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi anak lebih terjaga kebersihannya. Jangan abaikan hal yang baik untuk kesehatan. Karena, kesehatan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu, biasakan anak tetap hidup sehat. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Yosefin Natalie 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading