Sukses

Parenting

Buumi Playscape, Tempat Bermain Ramah Anak Disabilitas Kini Hadir di Plaza Senayan Jakarta

Fimela.com, Jakarta Setelah membuka tempat bermain pertamanya di Pasific Place, Buumi Playscape kini membuka taman bermain keduanya yang berlokasi di Plaza Senayan Jakarta. Dengan mengangkat tema “Wonder Forest”, Buumi menghadirkan tempat bermain indoor bagi anak berusia 12 bulan hingga 10 tahun dengan ragam kegiatan inklusif, baru, dan berbeda dari lokasi sebelumnya.  

Sejak memulai jejaknya di tahun 2018, Buumi selalu menunjukkan dedikasinya dalam desain interior pada taman bermain bertemanya. Dalam prosesnya, Buumi selalu melibatkan spesialis pertumbuhan anak dan arsitek pemenang penghargaan untuk memastikan pengalaman yang menyeluruh dan berkesan bagi anak-anak serta orang tua. 

“Seiring perkembangan zaman, aktivitas screen time pada anak terus meningkat dan berpotensi mengalihkan kegiatan bermain yang sesungguhnya. Buumi Playscape hadir sebagai respons dari fenomena ini untuk menawarkan tempat bermain yang baru dan berkualitas bagi keluarga dengan beragam permainan yang dapat membantu perkembangan sosialisasi dan kreativitas anak,” ucap Natasha Guna, Co-founder Buumi Playscape dan Chief Executive Officer PT Sentra Bermain Pacific dalam konferensi pers pada Kamis (7/12). 

Natasha melanjutkan, tema “Wonder Forest” pada Buumi Playscape Plaza Senayan dihadirkan untuk mengajak anak-anak bermain sambil berimajinasi di suasana hutan yang menyenangkan. Dengan hadirnya taman bermain ini, diharapkan anak-anak dapat bermain sambil belajar. Pengalaman bermain di Buumi juga dapat menjadi momen quality time antara anak dan orang tua. 

“Main ke Buumi selalu jadi momen yang dinantikan anak-anakku. Ga pernah mereka ga semangat main di Buumi. Ngeliat mereka main di Buumi tuh aku ikutan seneng karena bisa main bareng sama anak-anak, bikin makin deket dan bikin anak ngerasa ditemenin. Hal ini yang menurutku penting untuk membentuk ikatan yang positif dengan anak, karena selain perlu dipahami, anak juga perlu merasa ditemani, perlu merasa orang tua mau terlibat dalam pengasuhan, bahwa mereka berharga dan pantas diutamakan” ujar Caca Tengker, seorang Momfluencer.

Ada apa saja di Buumi Playscape Plaza Senayan?

Buumi Playscape Plaza Senayan menghadirkan rangkaian kegiatan dan fasilitas yang berbeda dari lokasi sebelumnya. Seluruh area bermain telah dirancang dengan berbagai permainan inovatif dan edukatif untuk memfasilitasi aktivitas bermain sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak. 

Pada taman bermain Wonder Forest tersedia berbagai jenis area bermain, seperti Tree House, Caterpillar Tunnel, Ant's House, Baby's Lounge, Rayya's Classroom, Satya's Night Forest, dan Imaginative Leaves Climbing. Terdapat pula kelas-kelas yang dapat diikuti seperti kelas sensori, literasi, art and craft, dance, STEAM, dan masih banyak lagi. Selain tempat bermain, Buumi Playscape juga menyediakan area yang dikhususkan untuk event seperti acara ulang tahun, product launching, seminar ataupun gathering lainnya. 

Retail space juga turut dihadirkan untuk menyediakan mainan, fashion and accessories, dan skincare anak yang telah dikurasi dengan baik. Tersedia juga cafe menarik untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga si kecil dan orangtua setelah seru bermain di Buumi Playscape.

"Pentingnya real play dalam perkembangan anak, terutama pada masa awal tumbuh kembang, tidak dapat diremehkan," ungkap Damar W. Wijayanti, S.I.P, Montessori Dipl Edu. Dengan beragam fasilitas dan pelayanan, Buumi berharap dapat menjadikan Buumi Plaza Senayan sebagai tempat bermain yang dapat memenuhi kebutuhan bermain anak dan orangtua secara menyeluruh.

Buumi Playscape selalu menjaga kebersihan dan keamanan

Damar menjelaskan, bermain merupakan fondasi kritis dalam pembentukan keterampilan sosial, kognitif, dan fisik. Melalui bermain, anak-anak belajar mengeksplorasi, menemukan, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka, yang membentuk dasar bagi pembelajaran seumur hidup. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk menyediakan lingkungan bermain yang aman dan stimulatif, di mana mereka dapat berkembang secara alami dan sesuai dengan ritmenya.

Pada Buumi Playscape Plaza Senayan, orangtua tidak perlu khawatir akan kebersihan dan keamanan di taman bermain. Buumi selalu menjaga area bermain agar tetap steril. 

“Kami rutin menyemprotkan disinfektan sebelum buka pada pagi hari dan pada tengah hari. Jadi kami melakukan double cleaning. Selain itu, untuk lebih menjaga kesterilan, kami rutin melakukan cuci bola menggunakan mesin disinfektan. Bisa dilihat, pada area bermain, kami sengaja tidak mengisi terlalu penuh kapasitasnya dengan bola-bola dan lantainya bisa tetap keliatan. Nah, ini dilakukan untuk menjaga keamanan bagi anak-anak,” jelas Natasha.

Semua bisa bermain di Buumi Playscape

Melanjutkan kampanye #BuumiUntukSemua, Buumi Playscape Plaza Senayan turut memberikan ruang bermain yang aman dan nyaman bagi setiap anak, termasuk bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas. Dalam rangka menjadi ruang bermain yang inklusif bagi setiap anak, Buumi Plaza Senayan mempersiapkan area yang dapat dinikmati oleh children with all abilities mulai dari usia 12 bulan hingga 10 tahun. 

“Ketika kami membangun Buumi, kami ingin semua anak bisa bermain disini, maka pemilihan mainan, tempat dan ruangan disesuaikan juga untuk menjadi inklusif. Tempat bermain Buumi dapat dijangkau dengan anak bertongkat ataupun berkursi roda. Selain itu, Buumi juga menyediakan ruangan bermain khusus bagi anak-anak yang tidak menyukai keramaian. Kami melakukan staff training agar mereka dapat menghandle anak-anak dengan special needs, seperti autism atau ADHD,” tutup Natasha.

Buumi Playscape Plaza Senayan dibuka pukul 10.00 - 21.00 WIB. Orangtua dapat mengajak si kecil bermain di Buumi Playscape Plaza Senayan dengan membeli tiket bermain seharga Rp195.000 selama hari kerja dan Rp225.000 di akhir pekan untuk satu anak dan satu pendamping dengan dengan durasi bermain selama dua jam.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading