Sukses

Parenting

12 Mainan Jadul Anak 90-an yang Bikin Kangen

Fimela.com, Jakarta Di era digital ini, banyak sekali permainan yang bisa dimainkan di gadget. Permainan dalam bentuk digital juga bisa dimainkan secara online, sehingga anak-anak bisa bermain game bersama temannya dari seluruh tempat.

Berbeda dengan mainan anak yang ada di tahun 90-an. Di zaman tersebut, anak-anak masih bermain berbagai macam mainan yang terbuat dari barang sederhana, seperti barang bekas, dedaunan, pecahan batu dan lain sebagainya.

Walaupun terkesan sederhana, tetapi mainan jadul bisa membuat perasaan senang saat memainkan mainan itu. Mainan jadul 90-an sudah jarang ditemukan di zaman sekarang, sehingga banyak orang yang kangen mainan tersebut dan tidak bisa digantikan oleh mainan digital. Untuk mengobati rasa kangen dan biar makin nostalgia, berikut mainan jadul anak 90-an, dilansir dari Brilio.net:

Mainan Jadul yang Bikin Kangen

1. Gelembung Balon Karet

Di era 90-an, anak-anak senang memainkan gelembung balon karet, yang teksturnya cair berwarna merah muda dengan wadah tube yang berwarna silver. Gelembung balon karet ini bisa dibentuk-bentuk dan harganya sangat ekonomis.

2. Yoyo

Yoyo merupakan mainan kesukaan anak laki-laki di era 90-an. Yoyo memiliki bentuk bulat yang terbuat dari kayu dan memiliki tali di bagian tengah. Cara memainkannya sangat mudah, yaitu tinggal ditarik dan diulur talinya. Orang yang mahir bermain yoyo akan tampak sangat keren di zaman dulu.

3. Bongkar Pasang Baju

Bongkar pasang baju adalah mainan jadul anak perempuan di era 90-an, yang terbuat dari kertas, kemudian tinggal dipotong dan ditempelkan ke badan boneka yang tersedia di kertas tersebut.

4. Ular Tangga

Permainan ular tangga adalah mainan yang tak lekang oleh waktu. Walaupun zaman sekarang mainan ular tangga ada yang berbentuk digital, tetapi banyak orang yang menyukai permainan ini dengan papan main yang bukan digital. Permainan ini sangat seru ketika lawan main mengocok dadu dan tidak pernah mencapai garis finish, karena turun melewati ular.

Mainan Jadul yang Berkesan

5. Gimbot

Di era 90-an ada mainan yang hampir sama dengan permainan yang ada di handphone, yaitu game boy, gimbot atau gembot yang merupakan game portable. Namun, gimbot tidak memiliki warna dan isi permainnya hanya sedikit, seperti tetris.

6. Kapal-Kapalan

Kapal-kapalan adalah mainan jadul yang digemari banyak anak laki-laki, karena memiliki suara unik saat mesinnya dinyalakan dengan minyak tanah. Kapal-kapalan ini juga sering diikutkan dalam lomba 17an dimasa itu.

7. Lombat Karet

Baik laki-laki atau perempuan pasti pernah bermain lompat tali saat kecil. Lompat tali di tahun 90-an terbuat dari gelang karet yang dikaitkan menjadi bentuk tali yang panjang. Mainan lompat tali ini bisa dijadikan alternatif untuk latihan lompat tinggi dan berolahraga.

8. Pesawat Kertas

Pesawat kertas adalah pesawat yang terbuat dari kertas yang bentuk segitiga. Banyak anak laki-laki yang memainkan pesawat kertas ini dan dijadikan ajang lomba. Pesawat yang terbang paling tinggi dan jatuhnya paling jauh adalah pemenangnya. Uniknya, pesawat kertas ini juga bisa dijadikan untuk mengirimkan surat cinta.

Mainan Jadul yang Terakhir

9. Kelereng

Kelereng adalah mainan yang membutuhkan taktik dan konsentrasi tinggi, agar menang saat memainkan permainan ini. Kelereng memiliki bentuk bulat, yang dimainkan dengan cara dibidik dengan jari.

10. Ketapel

Ketapel merupakan permainan jadul yang seperti busur panah. Mainan ini sangat mudah dibuat dengan ranting pohon yang berbentuk huruf Y, kemudian diberikan karet ditengahnya dan taruh batu atau kelereng, untuk membidik sesuatu.

11. Monopoli

Monopoli termasuk permainan jadul, yang sudah dimodifikasi menjadi permainan digital. Permainan ini sangat seru, karena kamu bisa membeli rumah dan kota, dengan uang kertas yang sudah disediakan dalam permainan tersebut.

12. Tamagochi

Jenis mainan jadul yang terakhir adalah tamagochi. Mainan berasal dari negara Jepang. Tamagochi bisa membuatmu belajar cara merawat hewan peliharaan, seperti memberi makan dan menjaganya agar tidak sakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading