Sukses

Parenting

6 Tata Krama Penting yang Harus Diajarkan pada Anak

Fimela.com, Jakarta Tanggung jawab sebagai orangtua bisa dikatakan cukup berat. Sebagai orangtua terkadang mungkin kamu bertanya-tanya tentang sopan santun seperti apa yang harus diajarkan kepada anak. Pasti semua orang tua menginginkan anak yang sopan dan berperilaku baik baik di rumah maupun lingkungan. 

Kamu bisa memulai semuanya dari rumah dengan mengajarkan anak etika dan sopan santun. Dilansir dari allwomenstalk (22/9) berikut ini adalah 6 tata krama penting yang harus kamu ajarkan kepada anak. Simak penjelasannya.

Menghargai barang milik orang lain

Dengan berbagi maka akan muncul rasa hormat. Jika teman bersikap baik dan berbagi boneka kesayangannya dengan anak, maka ajarkan anak juga untuk harus bersikap baik dan memperlakukan bonekanya dengan sebaik-baiknya.

Tidak boleh memanggil nama

Panggilan nama itu kasar jika dilakukan oleh anak-anak. Sayangnya anak-anak belajar memanggil nama dari orangtua. Pikirkan berapa kali kamu mendengar anak mengatakan sesuatu yang buruk tentang orang lain atau memanggil mereka dengan nama yang kasar. Jadi, kamu harus berhenti memanggil nama dan berikan contoh positif bagi anak-anak.

Menunggu giliran

Ini adalah cara yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak, karena ini adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Coba kamu pikirkan semua orang yang memotong kamu di jalan raya atau mendorong kamu saat berbelanja. Pasti mereka tidak pernah diajarkan untuk menunggu giliran. Jangan biarkan anak seperti itu.

Ucapkan tolong

Tentu tidak mengenakan jika kamu mendengar seorang anak yang meminta sesuatu dengan cara menuntut atau bahkan mereka tidak mengatakan tolong. Oleh karena itu, cobalah untuk ajarkan kepada anak untuk selalu mengucapkan tolong jika meminta sesuatu agar lebih sopan.

Ucapkan terimakasih

Mengucapkan terimakasih sama halnya dengan mengucapkan tolong. Jika seseorang melakukan sesuatu untuk kamu sekecil apapun, hal yang paling sopan untuk dilakukan adalah mengucapkan terimakasih.

Bersih-bersih

Membersihkan diri sendiri adalah cara lain yang perlu diketahui oleh anak-anak. Mereka harus tahu cara menaruh piring di wastafel setelah makan, cara menaruh pakaian kotor di keranjang cucian, dan cara mereka merapikan mainan. Mengetahui bahwa kamu telah mengajari anak untuk membersihkan diri akan membuat kamu merasa tenang saat kamu berada di rumah teman atau tinggal bersama kakek-nenek.

Sahabat Fimela, demikian 6 tata krama penting yang harus kamu ajarkan kepada anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading