Sukses

Parenting

4 Gaya Parenting yang Efektif untuk Membuat Anak Cerdas dan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak adalah sebuah anugerah yang membawa kebahagiaan sekaligus menjadi tanggung jawab besar bagi setiap orangtua. Setiap orangtua tentu ingin melihat anaknya tumbuh menjadi individu yang cerdas, mandiri, dan sukses di masa depan.

Namun, bagaimana cara yang efektif untuk membentuk karakter dan kemampuan anak agar dapat tumbuh lebih cerdas dan mandiri? Berikut ini adalah beberapa macam gaya mendidik anak yang efektif untuk membuat anak menjadi cerdas dan lebih mandiri.

1. Gaya otoritatif

Dilansir dari Parenthood, gaya mendidik ini menekankan pada kombinasi antara kehangatan dan aturan yang jelas. Hal ini dapat diterapkan dengan cara orangtua memberikan cinta dan dukungan kepada anak, sambil mengajarkan si kecil untuk disiplin dan bertanggungjawab.

Selain itu,dalam gaya mendidik ini, orangtua juga harus bisa menjadi pendengar yang baik sekaligus menghargai pendapat anak, tetapi tetap memegang kendali dalam menetapkan batasan. Dengan menerapkan gaya mendidik ini, kita dapat mengajarkan anak untuk berpikir kritis, mengambil keputusan yang baik, dan menghormati orang lain.

2. Gaya demokratis

Gaya mendidik demokratis lebih menekankan pada melibatkan anak dalam pengambilan keputusan keluarga, memberikan mereka ruang untuk berpartisipasi, dan mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Hal ini dapat memberikan pengaruh positif bagi perkembangan anak dimana mereka bisa menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan memiliki kemampuan problem-solving yang baik. Selain itu, gaya mendidik ini juga dapat membuat anak belajar untuk menghargai pendapat orang lain dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

3. Gaya permisif

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, gaya mendidik permisif melibatkan memberikan kebebasan yang tinggi kepada anak. Orangtua dengan gaya ini cenderung tidak terlalu banyak mengatur atau mengendalikan anak, sehingga membiarkan anak untuk mengeksplorasi dunia dengan cara mereka sendiri.

Namun, penting untuk dipahami bahwa gaya permisif bukan berarti tidak ada batasan. Sebaliknya, batasan yang wajar tetap diberlakukan, namun dengan fleksibilitas yang lebih tinggi. Anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan permisif cenderung memiliki kreativitas yang tinggi, kepercayaan diri, dan motivasi yang kuat.

4. Gaya instruktif

Gaya mendidik ini lebih menekankan pada ketegasan orangtua dalam menetapkan aturan yang jelas dan petunjuk yang tegas pada anak. Dalam gaya ini, orangtua berperan sebagai pengajar dan memberikan pengarahan yang kontinu dalam hal pendidikan dan nilai-nilai.

Dilansir dari Verywell Family, gaya mendidik instruktif dapat membantu anak mengembangkan disiplin diri, fokus, dan kebiasaan belajar yang baik. Mereka juga cenderung memiliki tingkat prestasi akademik yang lebih tinggi.

Demikian beberapa macam gaya mendidik anak yang efektif untuk membuat anak menjadi cerdas dan lebih mandiri.Anak-anak adalah individu yang unik, dan kita sebagai orangtua perlu memahami kebutuhan dan kepribadian mereka secara individual. Dengan memadukan gaya mendidik yang tepat, kita dapat membantu anak-anak kita mencapai keberhasilan di masa depan.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading