Sukses

Parenting

7 Tanda Anak Cerdas Dilihat Dari Perilaku Sehari-Harinya

Fimela.com, Jakarta Mom, pernah penasaran apakah buah hati Mom memiliki kecerdasan di atas rata-rata, atau sebatasa memiliki kecerdasan yang sama dengan teman-temannya? Pada dasarnya, setiap anak memiliki potensi kecerdasan masing-masing. Tapi, beberapa anak dikaruniai kecerdasan yang mengesankan. 

Ada beragam tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui seberapa cerdas anak. Namun, selain melalui beberapa tes, cerdas tidaknya anak, hal ini bisa dilihat dari perilakunya sehari-hari. Mengutip dari laman parents.com, inilah beberapa perilaku yang kerap ditunjukkan oleh anak dengan kecerdasan rata-rata.

Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Anak dengan potensi kecerdasan di atas rata-rata, biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Anak-anak ini selalu merasa penasaran dengan hal-hal yang baru ia ketahui. Ia juga tak bosan untuk mempelajari berbagai hal. Ia juga sangat suka bertanya mengenai hal apapun di sekitarnya. 

Aktif

Anak yang cerdas juga menunjukkan tanda bahwa ia sangat aktif. Anak ini seolah memiliki energi ekstra untuk beraktivitas. Aktif di sini adalah, anak rajin bertanya, banyak bergerak, sering mengeluarkan pendapat bahkan bersikap menyebalkan dengan memiliki banyak tingkah.

Konsentrasi

Meski ia sangat aktif dan cenderung tak bisa diam, anak yang cerdas memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Anak-anak ini bisa sangat fokus pada apa yang ia kerjakan. Ia juga mengingat dengan baik benda-benda yang pernah ia letakkan atau simpan sendiri. 

Sering Berimajinasi

Tidak jarang orangtua merasa aneh pada anak yang suka berimajinasi tinggi. Beberapa orangtua bahkan sering menertawakan dan menganggapnya lelucon. Jangan salah Mom, anak dengan imajinasi tinggi, menunjukkan bahwa ia adalah anak yang cerdas. Ini juga menunjukkan bahwa ia bisa berpotensi menjadi orang sukses dengan karya-karya terbaiknya di masa depan. 

Sulit Tidur

Beberapa studi menemukan jika anak yang cerdas akan sulit tidur. Biasanya hal ini akan semakin sulit dilakukan di siang hari. Anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, cenderung memiliki waktu tidur yang singkat. Hal ini karena otak anak terus bekerja aktif sehingga membuatnya sulit tidur. 

Suka Menyendiri

Untuk beberapa kasus, anak dengan kecerdasan di atas rata-rata lebih suka menyendiri. Ia seolah memiliki dunianya sendiri. Ia juga cukup pemilih soal teman. Karena anak-anak ini mudah bosan, ia juga tak begitu tertarik pada permainan pada umumnya bersama anak seusianya.

Memiliki Selera Humor yang Baik

Anak yang cerdas biasanya juga memiliki selera humor yang baik. Meski suka menyendiri, saat bersama orang lain ia bisa mencairkan suasana. Ia juga bisa membuat orang lain tertawa dengan caranya sendiri. 

Itulah sekian tanda anak cerdas jika dilihat dari kesehariannya. Adakah tanda–tanda di atas pada buah hati Mom di rumah? Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading