Sukses

Parenting

5 Sikap Orangtua yang Dibenci Anak dan Rentan Membuatnya Depresi

Fimela.com, Jakarta Tak hanya orang dewasa, anak pun bisa mengalami depresi. Yang lebih menyedihkan lagi, depresi pada anak seringkali disebabkan oleh orangtuanya sendiri. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa sikap orangtua ke anak yang rentan membuatnya depresi. Tanpa disadari, sikap ini sangat dibenci anak dan memiliki pengaruh besar terhadap dirinya bahkan hingga ia dewasa kelak. 

Apa kira-kira sikap orangtua tersebut? Berikut sikap orangtua yang rentan bikin anak depresi dan sangat dibenci olehnya.

Membanding-Bandingkan

Sikap orangtua pertama yang sangat dibenci anak adalah sikap membanding-bandingkan. Orangtua yang kerap membanding-bandingkan sang anak dengan anak lain, ini membuat perasaannya tersakiti. Ini juga membuat anak merasa sangat kecewa, tidak puas dengan diri sendiri dan introvert. Anak bahkan rentan depresi apalagi jika orangtua menilainya tak lebih baik dari anak-anak yang lain. 

Kasar dan Pemarah

Anak-anak sangat membenci orangtua kasar dan pemarah. Sikap ini sering membuat anak merasa kurang mendapat kasih sayang, cinta dan perhatian. Studi menemukan jika orangtua yang kasar dan pemarah, ini bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Ini bisa meningkatkan risiko anak depresi. Ini juga membuat anak rentan memiliki sikap pemarah saat ia dewasa kelak.

Meremehkan

Anak juga sangat membenci orangtua yang suka meremehkannya. Anak bisa sangat depresi dengan sikap orangtua yang satu ini. Anak juga merasa sangat tak berharga saat orangtua meremehkannya. Sikap meremehkan orangtua bahkan bisa dilakukan dengan hal paling sepele sekalipun termasuk ketika saling bercanda.

Suka Membentak

Anak adalah pribadi yang masih sangat sensitif. Ia perlu mendapatkan kasih sayang dan perlakuan yang lemah lembut. Saat orangtua sering membentak dan berkata kasar padanya, ini berpengaruh besar terhadap saraf otaknya. Ini juga berpengaruh pada kebahagiaan pun ketenangan hatinya. Sikap suka membentak orangtua sangat dibenci anak dan meningkatkan risiko depresi padanya.

Berharap Terlalu Tinggi ke Anak

Jika Mom suka berharap terlalu tinggi ke anak, sebaiknya hentikan sikap ini dari sekarang. Anak sangat benci pada sikap orangtua ini. Anak juga rentan depresi dengan sikap ini apalagi jika ia tidak bisa mewujudkan harapan orangtuanya. 

Itulah sekian sikap orangtua yang sangat dibenci anak dan rentan membuatnya depresi. Yuk Mom, makin bijak lagi dalam bersikap ke buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading