Sukses

Parenting

4 Penyebab Rambut Beruban Pada Anak yang Penting Diketahui Orangtua

Fimela.com, Jakarta Rambut menjadi mahkota alami untuk setiap orang. Rambut yang indah dan sehat tentunya akan menjadi aset yang begitu berharga. Namun, bagaimana jika menemukan rambut yang mulai beruban? Apakah ini ada hubungannya dengan kesehatan anak?

Mengenai rambut beruban, ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa atau orang yang telah berusia lanjut. Melansir dari laman kidshealth.com, anak-anak juga sangat mungkin mengalami rambut beruban. Ada beberapa penyebab kenapa rambut anak rentan beruban di usianya yang masih sangat dini.

Penyebab Rambut Beruban Pada Anak

1. Genetik

Penyebab paling utama dan sering dijumpai yang menyebabkan rambut anak beruban adalah genetik. Orangtua yang memiliki risiko rambut beruban di usia muda atau remaja sangat mungkin menurunkan risiko ini ke anak. Penelitian menemukan jika anak yang memiliki orangtua beruban lebih cepat lebih rentan memiliki rambut yang beruban pula. 

2. Kekurangan Vitamin B12

Anak-anak yang kekurangan vitamin B12 juga sangat rentan mengalami rambut beruban di usianya yang masih sangat muda. Makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain adalah ikan, daging, telur, kerang dan produk susu. Vitamin B12 berperan penting dalam memperbaiki sel dalam rambut, kuku, kulit dan produksi DNA serta RNA dalam tubuh. 

3. Terkena Bahan Kimia Berbahaya

Rambut yang terkena bahan kimia berbahaya juga sangat mudah beruban. Bahan kimia yang terkandung di dalam sampo dan asap rokok adalah pemicu utama dari risiko rambut beruban pada anak-anak. 

4. Menderita Risiko Penyakit Tertentu

Ada beberapa risiko penyakit yang meningkatkan risiko rambut beruban. Rambut beruban pada anak yang mengalami penyakit tertentu biasanya disertai dengan risiko lain sepeti kejang, gangguan pendengaran hingga tumor. 

Itulah beberapa penyebab kenapa rambut pada anak-anak rentan beruban di usianya yang masih sangat dini. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading