Sukses

Parenting

7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Saat masa kehamilan, kondisi fisik ibu hamil akan lebih membesar daripada yang biasanya, sesuai dengan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan. Salah satu bentuk fisik yang berubah menjadi besar adalah bagian kaki.

Kondisi kaki yang bengkak sering terjadi pada saat masa kehamilan ini sangat umum terjadi. Kondisi ini selalu muncul disetiap trimesternya, yang penyebabnya berbeda-beda dalam setiap trimesternya.

 

Kondisi kaki yang bengkak ini bisa diatasi dengan berbagai macam cara, yang bisa dilakukan di rumah dengan cara yang mudah. Cara mengatasi kaki yang bengkak ini, sangat aman dilakukan dan tidak membuat tubuh ibu menjadi kelelahan. Berikut cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Penyebab Kaki Bengkak

Penyebab kaki bengkak disetiap trimester kehamilan berbeda-beda. Kondisi kaki yang bengkak ini bisa membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Berikut penyebab kaki bengkak ditiap trimesternya:

Trimester Pertama

Penyebab kaki bengkak pada trimester yang pertama, yaitu karena kadar hormon progesteron meningkat cepat pada ibu hamil. Kondisi ini membuat sistem pencernaan menjadi tidak lancar, sehingga tubuh menyimpan banyak lemak dan membuat bengkak. Kondisi ini juga bisa membuat area tangan dan wajah menjadi lebih bengkak.

Trimester Kedua

Saat memasuki trimester kedua, kaki ibu hamil akan semakin membengkak, yang disebabkan karena produksi darah dan cairan di dalam tubuh meningkat. Kondisi cuaca yang sangat panas dan terlalu sering berdiri juga bisa membuat kaki menjadi tambah bengkak.

Trimester Ketiga

Penyebab kaki bengkak yang terakhir, yaitu karena pada trimestr ketiga terus menerus memproduksi darah dan cairan, untuk memperlancar proses persalinan. Karena kondisi janin semakin bertumbuh dan berkembang, maka aliran darah dari kaki ke jantung akan lebih lambat. Selain itu penyebabnya adalah tidak melakukan diet, terlalu banyak kafein dan kurang mengonsumsi air putih.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Kurangi Asupan Natrium

Natrium atau garam bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak. Karena garam bisa membuat tubuh menahan air menjadi lebih banyak. Untuk mengatasi kaki bengkak, kurangi mengonsumsi natrium yang terdapat dalam makanan kaleng atau menggunakan garam lebih dari takaran harian.

2. Mengonsumsi Kalium

Cara mengatasi kaki bengkak yang selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi kalium, yang bisa membantu menyeimbangkan produksi cairan di dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan kalium adalah kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

3. Kurangi Kafein

Saat sedang hamil, lebih baik mengurangi konsumsi kafein agar tidak membahayakan ibu dan janin dalam kandungan. Karena kafein bersifat diuretik, yang bisa membuat tubuh menahan banyak cairan agar tidak sering buang air kecil.

4. Mengonsumsi Air Putih

Untuk mengatasi kaki bengkak, sebaiknya mengonsumsi air putih secara cukup, untuk menghindari dehidrasi dan melancarkan sistem pencernaan. Seharusnya ibu hamil mengonsumsi air putih minimal 10gelas dalam sehari.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Selanjutnya

5. Angkat Kaki dan Istirahat

Cara mengatasi kaki bengkak yang selanjutnya, yaitu dengan mengangkat kaki dan istirahat. Posisi duduk dan berdiri harus seimbang saat hamil, untuk melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil. Cara mengangkat kaki adalah dengan posisi duduk lalu angkat kaki sebentar, lalu berdiri dan jalan sebentar.

6. Jalan Kaki

Ibu yang sedang hamil juga harus berolahraga, untuk mengatasi kaki yang bengkak. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Ibu hamil bisa berjalan kaki sekitar 10menit setiap harinya.

7. Pijat Kaki

Cara terakhir mengatasi kaki bengkak, yaitu dengan memijat kaki secara rutin. Karena kaki bengkak disebabkan karena cairan menumpuk, sehingga memijat kaki membantu melancarkan sirkulasi darah dan cairan yang menumpuk di area kaki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading