Sukses

Parenting

Pijat Bayi, Apa Manfaatnya?

Siapa bilang hanya orang dewasa saja yang boleh dipijat? Bayi pun juga perlu dipijat, lho, ladies. Pijat bayi yang dilakukan secara rutin bisa memberikan banyak manfaat untuk buah hati anda.

Sebelum membahas tentang manfaatnya, simak dulu pengertian pijat bayi. Pijat bayi tentunya berbeda dengan pijat yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Pijat bayi dilakukan dengan lebih lembut dengan menggunakan baby oil atau moisturizer untuk membuat permukaan kulit bayi lebih licin sehingga lebih enak dipijat.

Umumnya, bagian tubuh yang dipijat adalah seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki dan terutama bagian tumit, pergelangan tangan, dan jari-jari tangan dan kaki bayi.

Nah, pijatan-pijatan lembut yang ladies berikan kepada buah hati anda saat memijat dapat memicu produksi hormone oksitosin, yaitu hormone yang memberikan perasaan bahagia dan afeksi kepada si kecil. So, ada baiknya jika ladies atau pasangan anda sendiri yang melakukan pijat bayi untuk buah hati anda.

Selain memperkuat hubungan ibu dan anak, pijat bayi memiliki sejumlah manfaat, lho, bagi buah hati anda. Seperti dikutip dari laman babycentre.co.uk, pijat bayi yang dilakukan secara rutin dapat membuat bayi lebih tenang dan mereka tidak gampang rewel. Selain itu, perkembangan fisik dan mental buah hati akan lebih baik dengan pijat bayi. Manfaat yang tidak kalah penting adalah pijat bayi bisa membuat anak tidur dengan lebih nyenyak.

Sedangkan untuk bayi premature, pijat bayi memberikan manfaat yang lebih signifikan, antara lain:

Pertama, pijat yang dilakukan pada bayi premature dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Pijat bayi dapat memicu otot-otot perut untuk bekerja dengan lebih baik sehingga system pencernaan bayi premature bekerja dengan lebih baik pula untuk menyerap nutrisi.

Selain meningkatkan berat badan bayi premature dengan lebih cepat, pijat bayi juga bermanfaat untuk menyetabilkan detak jantung. Pijat bayi terbukti mampu meningkatkan kerja system syaraf yang mengatur organ-organ penting tubuh, termasuk jantung.

Manfaat ketiga yang tidak kalah penting adalah pijat bayi dapat membuat bayi premature lebih tenang secara emosional, terutama dalam menghadapi stress dan rasa sakit yang mereka rasakan.

Terakhir, berkat pijat bayi, aktivitas otak bayi premature akan lebih stabil dan mempercepat perkembangan otak bayi.

So, ladies yang memiliki buah hati yang masih bayi, baik itu normal atau premature, cobalah untuk sering-sering memijat bayi anda, ya!

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading