Sukses

Parenting

Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak

Membaca adalah pelajaran pertama yang biasanya diajarkan pada anak – anak saat pertama sekolah. terkadangan kemampuan membaca juga menjadi sebuah pertimbangan seorang anak untuk diterima di sekolah dasar. Maka sering kali sedini mungkin orangtua membuat anak – anaknya belajar membaca. Namun Moms, apa gunanya kemampuan membaca bagi remaja atau anak – anak yang ‘sudah lancar’ membaca?

Menurut laman school.familyeducation.com bahwa kemampuan membaca merupakan hal terpenting yang harus dimiliki seorang anak agar ia dapat mendapatkan prestasi yang baik di sekolahnya. Namun sangat sulit sekali terkadang membuat anak agar mereka gemar membaca. Dan akan lebih sulit lagi untuk bisa mengajarkan kemampuan membaca pada anak – anak Anda.

Namun semua itu bukan merupakan hal yang tidak mungkin, Moms. Menurut laman childdevelopmentinfo.com, ada banyak cara agar anak Anda dapat memiliki kemampuan membaca yang baik. Diantaranya adalah mengatur waktu rutin jadwal anak untuk membaca, setiap hari. Dengan begitu anak akan terbiasa membaca. Agar anak tidak merasa sendirian, maka ajaklah semua orang yang ada dirumah untuk membaca bersama – sama.

Di saat waktu membaca bersama – sama, ajaklah anak Anda untuk membaca buku yang lebih variatif. Tidak melulu membaca buku cerita, novel atau buku pelajaran, ajaklah ia untuk membaca buku yang lebih bervariatif. Jika ia mengalami kesuitan untuk mamhami sesuatu yang ia baca, maka bantulah ia untuk memahaminya dengan menjelaskan maksud dari apa yang ia baca. Dengan begitu, anak akan terbiasa membaca untuk mengerti apa yang mereka baca.

Jangan ragu untuk mengajak anak – anak Anda pergi ke perpustakaan. Karena dengan pergi ke perpustakaan, anak – anak Anda akan menemukan lebih banyak lagi buku – buku lain yang dapat dibaca oleh mereka. Jangan lupa juga untuk memantau perkembangan anak Anda ya Moms. Kalau perlu tanyakan bagaimana perkembangan anak Anda di sekolah dengan menanyakannya pada gurunya. Dengan begitu Anda akan tahu apa – apa saja yang anak – anak butuhkan agar lebih baik lagi.

Hal lain yang dapat membuat anak gemar membaca adalah dengan menunjukka antusiasme Anda terhadap apa yang mereka baca. Selalu tanyakan tentang buku – buku yang telah mereka baca. Karena dengan begitu Anda dapat memantau sejauh apa anak – anak memahami isi dari buku yang mereka baca. Memberikan sedikit arahan tentang pengertian yang masih kurang tepat dan memberikan pujian kepada mereka saat mereka menjelaskan dengan tepat apa maksud dari bacaan mereka, akan membantu anak untuk lebih bersemangat untuk membaca lebih banyak lagi. Sekali lagi, jangan biarkan anak Anda malas untuk membaca ya Moms.

Oleh : Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading