Sukses

Parenting

Mengapa Demam pada Anak Terjadi

Bunda, kini Anda akan diajak untuk mengenali kejadian-kejadian penting dalam hidup buah hati Anda. Sama halnya dengan saat Anda mengingat kata pertama yang diucapkan anak Anda atau hari ketika ia pertama kali tengkurap, demam pada anak juga penting untuk diingat sebab ia menandakan bahwa hal penting telah terjadi dalam tubuhnya.

Sebagaimana langsiran laman nlm.nih.gov, demam adalah bukti bahwa ‘program’ dalam tubuh anak telah berfungsi sebagaimana mestinya. Penjelasannya adalah ketika awal mula tubuh diserang oleh bakteri atau virus, sebuah bagian kecil di otak anak akan mengirimkan pesan pada tubuh untuk menaikkan suhunya.

Nama bagian kecil tersebut adalah hypothalamus. Lalu Bunda, bagian kecil tersebutlah yang menyimpan pengimbang atau pengatur panas pada seluruh anggota badan. Ia pun yang seolah-olah menjadi penyambung lidah kepada semua bagian badan.

Nah Bunda, Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa sistem kerjanya menyerupai mesin yang akan bekerja secara otomatis. Ketika ia menerima bakteri yang akan teregister sebagai benda asing dan berbahaya, ia akan mengirimkan peringatan ke seluruh tubuh dengan menaikkan suhu tubuhnya.

Tak hanya itu Bunda, dengan suhu tubuh yang tinggi, seperti yang disimpulkan para peneliti bahwa infeksi, penyakit, atau penyebab lainnya akan merasa tidak betah dan segera pergi. Untuk itu lah mengapa Anda disarankan untuk tidak terburu-buru menurunkan demamnya.

Namun, berbeda lagi jika sudah muncul gejala lainnya yang menandakan bahwa tubuh benar-benar butuh pertolongan. Saat itu Anda baru boleh membantu.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading