Sukses

Parenting

Demam pada Anak Perlu Diwaspadi Ketika Hal Berikut Terjadi

Tidak ada yang bisa mengira betapa khawatirnya seorang ibu ketika anaknya sakit. Sekalipun demam pada anak yang menyerang, seorang ibu akan dengan sepenuh hati merawatnya. Akan tetapi, sebagai ibu yang menyayangi anaknya dan bijaksana, ia akan tahu caranya menyikapi dan menangani sakit demam anaknya dengan efektif.

Seperti yang disalir oleh situs webmd.com, Anda perlu waspada ketika buah hati Anda terserang demam pada kondisi berikut, Moms. Karena dikhawatirkan akan semakin memburuk, sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter.

- Bedakan usia anak saat demam.

Untuk suhu tubuh anak di bawah 3 bulan, tengarai hingga 100.4 F. Sedangkan batas normal suhu tubuh anak usia 3 hingga 6 bulan adalah 101 F, dan bagi anak yang usianya melebihi 6 bulan namun di bawah 1 tahun, suhu tubuhnya masih bisa ditoleransi hingga di bawah 103 F.

Namun jika anak Anda menunjukkan reaksi yang lebih serius saat mencapai suhu tubuh tersebut, jangan tunda lagi untuk memeriksakannya ke dokter. Terlebih lagi jika suhu tubuhnya semakin meningkat dalam 24 jam, sebaiknya mintalah bantuan dokter.

- Saat anak Anda muntah terus-menerus dan bukan karena disebabkan oleh makanan atau ia terkena diare hingga dehidrasi. Selain itu, dehidrasi juga bisa ditandai dengan tidak ngompol, mulutnya kering, hingga ubun-ubunnya cekung.

- Perhatikan pula jika anak Anda belum diimunisasi. Anak yang belum diimunisasi akan sangat rentan pada infeksi, sehingga jika Anda mendapati ia demam, kekebalan tubuhnya bisa saja kalah terhadap bakteri atau virus.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading