Sukses

Parenting

Obat dan Makanan Bisa Sebabkan Diare pada Anak

Diare pada anak bisa terjadi kapan saja. Sayangnya, sekali ia menjangkit, waktu untuk sembuh membutuhkan lebih dari 24 jam. Bahkan Moms, diare yang disebabkan oleh virus gastroenteritis bisa sampai 14 hari.

Oleh karenanya, mulai saat ini Anda akan diajak untuk lebih berhati-hati terhadap obat-obatan dan makanan yang dikonsumsi oleh anak Anda. Pasalnya Moms, dari obat dan makanan, sebagaimana yang dilangsir dalam webmd.com, ada bahwa keduanya dapat menyebabkan diare pada anak.

Obat yang bisa menyebabkan diare adalah obat pencahar dan antibiotik. Kedua jenis obat tersebut tidak hanya bisa terjadi pada anak kecil, namun juga pada orang dewasa. Oleh karena itu, jika ternyata yang memberikan obat antibiotik adalah dokter, segera konsultasikan bahwa antibiotik tersebut tidak cocok untuk anak Anda.

Nah Moms, untuk mencegah diare yang disebabkan oleh antibiotik, mulailah hidup sehat dengan rutin minum yogurt atau minuman probiotik lain. Dalam minuman tersebut telah terdapat ribuan bakteri baik yang telah berkembang biak dan siap menyeimbangkan kemampuan tubuh karena antibiotik.

Selanjutnya, makanan yang bisa menyebabkan diare tentunya bukan sembarang makanan ya, Moms. Pengolahan yang keliru atau pencampuran bahan makanan yang kurang tepat lah yang bisa menjadi sebabnya.

Selain itu, jika Anda membeli makanan bungkusan, perhatikan tanggal kadaluarsanya, sebab makanan yang kadaluarsa sering menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Nah Moms, ternyata bukan hanya anak Anda saja yang dapat terjangkit diare, Anda dan orang dewasa lainnya di rumah Anda pun tidak terkecuali, sehingga sebaiknya saling melindungi, ya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading