Sukses

Parenting

Kenali Penyebab Diare pada Anak

Moms, mengenali penyebab diare pada anak itu penting, loh. Apalagi ketika anak Anda belum pernah mengalami diare, dengan mengenali penyebabnya, Anda bisa mencegahnya sedini mungkin. Selain itu, kalaupun diare datang, Anda pun sudah siap siaga terhadap apa yang Anda harus lakukan.

Diare yang merupakan sebutan untuk saat ketika feces yang keluar menjadi encer atau sakit perut sehingga harus sering bolak-balik toilet. Jangankan anak kecil, orang dewasa saja masih banyak yang tidak sanggup menahan sakitnya. Untuk itu, kenali penyebabnya, berdasar langsiran laman webmd.com, terdapat setidaknya empat penyebab diare.

Pertama, yang banyak terjadi adalah diare yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi tersebut bermula dari bakteri atau virus yang terdapat di lingkungannya atau makanannya. Virus yang dicurigai menyebabkan diare adalah rotavirus dan salmonella, hingga parasit seperti giardia bisa sebabkan diare.

Infeksi tentu tidak akan datang begitu saja loh, Moms. Infeksi bisa terjadi muncul di tangan yang kotor dan digunakan untuk makan, air atau makanan yang terkontaminasi, hewan piaraan, atau juga karena popok yang tidak cepat diganti. Wah Moms, jangan sampai Anda lengah hingga virus-virus masuk ke anak Anda, ya.

Selanjutnya, diare juga bisa terjadi karena ada alergi terhadap suatu makanan atau obat. Beberapa penyakit juga menjadi penyebab anak Anda diare, seperti iritasi pada usus. Penyebab yang seperti ini mungkin akan lebih susah dikenali ya, Moms.

Oleh karena itu, jika sekali Anda menyadari anak Anda diare namun Anda ragu akan penyebabnya, tanyakan segera ke dokter. Jika ternyata yang menyebabkan adalah penyakit, maka Anda dapat langsung meminta obat untuk mengobati sakitnya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading