Sukses

Parenting

Mengenal Penyakit Kulit Anak: Eksim (Bagian 5)

Ladies, penyakit kulit anak seperti eksim, bisa datang lagi saat si kecil yang pernah mengalaminya telah tumbuh dewasa. Meski peluangnya relatif kecil, namun kemungkinannya tetap ada bagi siapapun yang terlena.

Karena warisan genetis kulit yang sensitif, “mantan penderita” harus baik-baik menjaga dan mengerti kondisi kulitnya. Lebih baik lagi, perawatan kulit yang teratur dapat menjauhkan dermatitis datang kembali.

Kembali soal eksim, Ladies, apakah eksim itu sendiri disebabkan oleh alergi? Menurut laman cgh.com.sg, penyebab utama atopik eksim adalah kulit yang terlalu sensitive terhadap segala hal yang bersentuhan dengan kulit.

Karena sebab itulah eksim sebenarnya tidak disebabkan oleh alergi. Namun, mitos yang beredar adalah eksim disebabkan karena alergi akan suatu bahan saat bersentuhan dengan kulit.

Meski telah banyak orang non medis mempercayai hal ini, secara ilmiah tidak ada penelitian yang sudah memverifikasi kebenaran dari pernyataan bahwa eksim disebabkan oleh alergi. Lalu, perlukah menjalani tes alergi untuk mengobati eksim?

Mengingat bahasan di atas, uji alergi dengan menggunakan sample darah tidak lagi relevan dengan eksim yang sedang di derita karena pada dasarnya eksim bukan disebabkan oleh alergi. Tes kulit pada penderita biasanya menunjukkan hasil positif namun memiliki relevansi sang sangat sedikit dalam pengobatan.

Lalu, apakah berenang dilarang saat terinfeksi eksim? Simak ulasan selengkapnya pada artikel selajutnya, Ladies! Stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading