Sukses

Parenting

Menyusui Bisa Cegah Rematik Lho!

Manfaat dari menyusui itu hebat ya, Bu. Mulai dari member asupan nutrisi untuk bayi bahkan sampai menghindarkan ibu dari terkena rematik. Kok bisa ya? Berikut penjelasannya.

Seperti yang dijelaskan di naturalnews.com, menurut penelitian dari Malmo University Hospital di Swedia dan dipublikasikan di Annals of Rheumatic Diseases bahwa wanita bisa terhindar dari resiko rematik sebanyak 50% hanya dengan menyusui selama setahun atau lebih.

Peneliti memikirkan tentang mencegah rematik dengan menyusui karena menyusui menstimulus produksi dari 2 hormon yang memiliki keterkaitan dengan penyakit rematik. Menyusui itu meningkatkan kadar hormone oxytocin, yang berhubungan dengan menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres. Menyusui juga meningkatkan kadar prolaktin yang meningkatkan system imun.

Sedangkan rematik adalah penyakit dimana sistem imun tubuh menyerang sendi-sendi, yang membuat kita merasakan nyeri atau pegal-pegal. Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa dengan semakin meningkatnya kadar prolaktin, maka menyusui semakin menjadi faktor pencegah rematik.

Dalam studinya, peneliti membandingkan kebiasaan menyusui dari 136 wanita yang menderita rematik dengan 544 wanita yang tidak menderita rematik. Hasilnya, mereka yang menyusui selama setahun atau lebih beresiko 50% lebih rendah terkena rematik, dan mereka yang minimal menyusui selama 1 bulan beresiko 25% lebih rendah daripada yang tidak menyusui sama sekali.

Tidak ingin rematik kan, Bu. Jadi, menyusui saja.

Oleh: Agit Diyanita


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading