Sukses

Lifestyle

3 Tips Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, setiap dari kita tentu memiliki berbagai potensi untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Meskipun rasanya versi terbaik diri kita terkadang terhalang untuk hadir dalam pikiran kita. Pertanyaan seberapa banyak kekurangan yang kita miliki justru seringkali mengelilingi kita dan membuat kita lupa akan kesempurnaan yang kita miliki. Sebenarnya, ruang bagi diri untuk melihat berbagai potensi terbaik dalam diri selalu bisa dikembangkan. 

Perbandingan diri dengan orang lain, atau merasa tidak mampu melakukan berbagai hal yang belum kita coba menjadi batas untuk memulai kemungkinan-kemungkinan baik untuk menemukan versi terbaik dari diri kita. Versi dimana kita bisa bertumbuh beriringan dengan keburukan dan kebaikan yang kita rasakan selama menjalankan berbagai aktivitas dalam kehidupan.

Melansir dari Time.com, menunggu kesempurnaan hanya akan membuat kita terjebak di tempat. Jika ingin berkembang, kita harus berani mengambil tindakan. Terkadang, memulai  suatu perubahan diperlukan untuk mengeluarkan versi terbaik dari diri sendiri. Jika satu pemikiran baru saja masuk ke dalam pikiran, maka inilah saatnya untuk melakukannya. Bagaimanakah caranya?

Tips Menjadi Versi Terbaik

1. Berani memulai

Ada banyak hal yang dikhawatirkan ketika ingin menemukan versi terbaik kita. Tapi, kalau kita tidak memulai kita tidak akan tahu jawaban dari pertanyaan. Anggaplah kamu ingin membiasakan diri berolahraga, mulailah untuk menggunakan sepatu olahraga sebagai pergerakan dan membuka diri untuk memulai. Setidaknya kamu menunjukkan usaha untuk selalu berkembang setiap harinya dari langkah kecil.

2. Memperhatikan berbagai kesempatan

Cobalah untuk melihat berbagai kesempatan yang hadir. Media sosial kini memberikan banyak peluang bagi setiap individu untuk berkembang. Memanfaatkan networking bisa menjadi salah satu permulaan. Cobalah memulai dan memanfaatkan networking yang kamu miliki untuk berdiskusi mengenai pelajaran baru apa yang bisa kamu dapatkan dari orang-orang berpengalaman, atau dari pengalaman-pengalaman berharga yang baru kamu mulai. 

Media sosial pun memberikan kesempatan untuk mempelajari berbagai skill yang menarik. Kemudahan ini bisa membawa dirimu menemukan versi terbaik dalam diri.

Langkah menuju versi terbaik

3. Abaikan kekhawatiran

Dalam berproses, secara tidak sadar kamu akan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain. Cobalah untuk mengabaikan penilaian yang berbeda dengan orang-orang, terutama pada platform sosial. Mengetahui versi terbaik dari diri sendiri akan lebih baik jika tidak menyamaratakan dengan visi orang lain. Hindarilah membuang energi untuk menjadi seperti apa yang orang lain inginkan. Jadikan motivasi dan evaluasi untuk menemukan versi terbaik dirimu.

Menuju versi terbaik dirimu akan selalu menjadi sebuah proses dalam hidup. Proses berkelanjutan yang tidak menjadi destinasi sementara. Setiap langkah kecil yang kamu ambil, setiap pelajaran yang kamu dapatkan, adalah bagian penting dari perjalanan itu. Sesederhana membaca buku, menulis, atau memulai hal-hal sederhana baru lainnya. 

Tanpa perlu tergesa-gesa, kamu akan menikmati setiap langkahnya. Kesuksesan bukan hanya tentang mencapai tujuan, kesempurnaan juga bukan hanya tentang keberhasilan. Perjalanan dan keinginan merupakan hal utama yang perlu kita pahami dalam menjalani apapun. Hingga menemukan versi terbaik dari diri kita.

 

Penulis: Nadya Aufia

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading