Sukses

Lifestyle

Kerap Pegal Usai Membaca? Terapkan Tips Ampuh Ini Buat Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sadar nggak sih kalau belakangan ini mulai banyak orang yang suka baca buku lagi? Alasannya karena baca buku tak cuma menambah ilmu, tetapi juga jadi hobi baru pengalih penat kegiatan lainnya. Bahkan, tak sedikit yang menjadikan hobi ini sebagai coping mechanism lho! Akan tetapi, keseringan baca ternyata bisa bikin tubuh pegal-pegal. 

Pasalnya, posisi membaca yang salah dapat menyebabkan pegal berkepanjangan. Misalnya, saat kamu membaca buku dengan posisi terlalu membungkuk, maka akan menyebabkan rasa pegal dan sakit pada leher. Begitu juga dengan memegang buku terlalu lama, juga dapat membuat tangan terasa pegal juga. Nah, supaya kamu tetap nyaman membaca dan tak gampang pegal-pegal, coba terapkan beberapa tips berikut ini! 

Awali dengan Minum Air Putih yang Cukup

Cobalah untuk selalu menyediakan air putih yang cukup di sampingmu, setiap kali kamu membaca. Tujuannya, biar kamu tak mudah merasa pegal-pegal saat asyik membaca, lantaran lupa menghidrasi tubuh. Seperti diketahui, air punya peran penting dalam menjaga kinerja otot. Jadi, rasa pegal-pegal itu sebenarnya karena efek dehidrasi yang kamu alami. Oleh karena itu, kamu sebaiknya minum air putih minimal 1 liter jika berencana duduk sekitar 4 jam saat membaca.

Tutup Mata dan Pijat di Bagian Pelipis Kiri dan Kanan

Kalau tadi untuk peregangan otot yang kaku di tubuh, kamu juga perlu merilekskan mata, lho. Mata yang digunakan untuk membaca dalam waktu terlalu lama pastinya akan terasa pegal. Coba untuk pejamkan kedua mata lalu pijat bagian pelipis kiri dan kanan kamu secara perlahan. Gerakan ini bisa bikin mata kamu terasa lebih rileks saat ingin melanjutkan aktivitas membacamu. Selingi waktu membacamu setiap 30 menit sekali dengan melakukan gerakan ini, agar mata kamu terasa kembali nyaman.

Selingi dengan Stretching Setiap 15 Menit Sekali ya!

Selain minum air putih, selingi juga waktu membacamu dengan stretching agar otot-ototmu nggak terasa kaku dan pegal. Cukup dengan gerakan yang sederhana, seperti dua tangan disatukan dan didorong ke arah depan dan atas selama masing-masing 10-30 detik. Nah, kalau untuk bagian pinggang, kamu bisa coba gerakan memutar tubuh ke arah samping. Lakukan stretching ini setiap 15 menit sekali, sehingga otot-otot tubuh kamu nggak akan terasa kaku saat terlalu lama membaca. 

Jangan Lupa Ubah Posisi Duduk Kamu ya!

Bukan hanya mata yang bisa bikin kamu merasa cepat pegal ketika terlalu lama membaca, tetapi juga otot-otot tubuh kamu seperti poin kedua tadi. Posisi duduk yang salah akan membuat otot-otot terasa kaku hingga nyeri. Apalagi kalau kamu duduk di posisi yang salah dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, coba untuk perhatikan posisi duduk kamu. Coba untuk tetap duduk dengan punggung yang lurus dan kaki sejajar menapak pada lantai, agar otot kamu nggak terasa pegal.

Kamu Juga Bisa Pakai Bantal Buat Sandaran

Selain posisi duduk, coba pakai bantalan yang empuk untuk bersandar ketika kamu duduk. Usahakan bantalnya juga tidak terlalu besar atau tebal untuk tetap menjaga posisi duduk yang benar. Dengan memakai bantalan pada punggung, otot sekitar punggung nggak akan cepat terasa pegal walau cukup lama membaca di posisi duduk.

Itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi pegal-pegal usai membaca yang bisa kamu terapkan. Mulai sekarang, yuk lebih perhatikan posisi duduk dan kadar air yang kamu butuhkan. Lakukan tips-tips tersebut untuk mengurangi rasa pegal pada otot-ototmu, karena rasa nyaman adalah kunci utama dari melakukan hobi di waktu luang. Jangan sampai hobi kamu malah membuat tubuh terasa sakit, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading