Sukses

Lifestyle

Cara Efektif Bakar Lemak dengan Latihan HIIT di Rumah

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mengenal olahraga HIIT? High-Intensity Interval Training merupakan metode latihan di mana kamu melakukan gerakan dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat, diikuti dengan periode istirahat singkat. Siklus ini diulang beberapa kali dalam satu sesi latihan. Jenis latihan ini sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, bahkan saat tubuh sedang beristirahat, melalui proses yang dikenal sebagai afterburn effect. 

Ingin membakar lemak dengan cepat tanpa harus pergi ke gym? Latihan HIIT bisa menjadi solusinya! HIIT adalah metode latihan yang mengombinasikan periode latihan intensitas tinggi dengan jeda istirahat pendek, sehingga membantu meningkatkan pembakaran kalori, bahkan setelah kamu selesai berolahraga. Yang lebih menarik, latihan HIIT bisa dilakukan di rumah tanpa memerlukan banyak peralatan

Lantas apa saja gerakan HIIT yang bisa kita lakukan untuk membakar lemak dan bisa kita lakukan di dalam ruangan rumah kita? Yuk, intip rekomendasi gerakannya berikut ini!olahraga

1. Burpees

Burpees adalah latihan yang menggabungkan gerakan push-up dan lompatan di udara, yang dilakukan secara berulang-ulang tanpa jeda. Latihan ini merupakan salah satu olahraga kardio yang populer dan dapat membantu membakar kalori. Gerakan satu ini sangat efektik untuk kamu yang ingin melatih seluruh tubuh dan membakar semua kalorinya.

Caranya adalah dengan mulai dari posisi berdiri, jongkok, letakkan tangan di lantai, lompat kaki ke belakang hingga posisi plank, lalu lompat kembali ke depan dan berdiri. Tambahkan lompatan saat berdiri untuk tantangan lebih. Kamu bisa mengambil durasi istirahat 15 detik dalam durasi perhitungan 30 detik interval.

 

2. Mountain Climbers

Mountain climbers adalah gerakan yang melibatkan otot inti, bahu, dan kaki, sekaligus meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Caranya kamu bisa mulai dari posisi plank, tarik lutut kanan ke arah dada, lalu ganti dengan kaki kiri. Lakukan gerakan seperti mendaki gunung secara bergantian dengan cepat selama 30 detik. Untuk durasi istirahat, kamu bisa mengambil waktu sebanyak 10 detik dalam intervalmu.

3. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah gerakan pemanasan yang baik untuk memulai sesi HIIT. Ini membantu meningkatkan detak jantung dan melibatkan hampir semua otot tubuh. Cara gerakannya, kamu bisa mulai dengan Berdiri tegak, lompat sambil membuka kaki ke samping dan angkat tangan di atas kepala. Lompat kembali ke posisi semula. Ulangi selama 30 detik. Untuk istirahatnya, kamu bisa mengambil 10 detik dalam interval kamu.

4. Squat Jumps

Squat jumps adalah gerakan yang menggabungkan kekuatan dan eksplosivitas, membantu membakar lemak dan memperkuat otot kaki dan glutes. Cara gerakannya, kamu bisa mulai dengan cara berdiri selebar bahu, lakukan squat, lalu lompat setinggi mungkin. Mendarat kembali dengan posisi squat dan ulangi. Lakukan selama 30 detik dan kamu bisa mengambil durasi sitirahat sebanyak 10 detik. 

5. Plank to Shoulder Tap

Gerakan ini sangat baik untuk memperkuat otot inti, dada, dan bahu. Caranya adalah dengan mulai dari posisi plank, lalu tap bahu kiri dengan tangan kanan, kembali ke posisi plank, lalu tap bahu kanan dengan tangan kiri. Ulangi gerakan secara bergantian. Lakukan selama 30 detik lalu ambil durasi istirahat selama 10 detik dalam intervalmu.

Latihan HIIT di rumah adalah cara efektif untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran dengan cepat. Tanpa perlu peralatan mahal atau banyak ruang, kamu bisa melakukannya kapan saja. Yuk, mulai HIIT sekarang dan rasakan perbedaannya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading