Sukses

Lifestyle

4 Hal di Dalam Rumah yang Harus Dibersihkan Sebelum Tidur di Malam Hari, Jangan Diabaikan!

Fimela.com, Jakarta Setelah melakukan berbagai aktivitas seharian, istirahat di rumah pasti jadi hal yang sudah dinantikan. Nggak heran deh kalau bawaannya ingin langsung naik ke kasur dan memejamkan mata saja. 

Tapi, coba cek dulu kondisi rumahmu, Sahabat Fimela. Soalnya ada beberapa hal di dalam rumah yang harus segera dibersihkan demi menjaga kesehatan keluarga. Jangan diabaikan apalagi dibiarkan sampai semalaman, yuk jaga kebersihan rumah dengan memastikan deretan hal ini sudah dibereskan! 

1. Bersihkan Sisa Makanan di Meja Makan

Sisa makanan yang tertinggal di meja makan bisa menjadi sumber masalah besar jika dibiarkan begitu saja semalaman. Selain berpotensi membusuk, sisa makanan tersebut juga bisa mengundang semut, kecoa, atau serangga lainnya. Serangga-serangga ini bisa membawa berbagai penyakit ke dalam rumah.

Untuk itu, penting sekali membersihkan meja makan setelah selesai makan. Pastikan tidak ada remah-remah atau noda saus yang tertinggal. Kamu bisa menggunakan lap basah atau tisu antibakteri untuk memastikan meja benar-benar bersih. Dengan memastikan nggak ada sisa makanan yang tercecer, kondisi rumah pun akan lebih terasa nyaman saat kamu bangun keesokan paginya. 

2. Singkirkan Sampah di Dalam Rumah

Sampah yang dibiarkan menumpuk di dalam rumah bisa menjadi sumber bau tidak sedap dan tempat berkembang biaknya bakteri atau jamur. Terlebih jenis sampah dapur yang berisi sisa makanan, cepat sekali mengeluarkan bau busuk jika dibiarkan terlalu lama di dalam rumah. Hal ini bisa berpotensi menarik tikus dan serangga yang bisa membawa penyakit ke dalam rumah, lho! 

Jadi, pastikan kamu membuang sampah dari berbagai sudut rumah, terutama dapur dan kamar mandi setiap malamnya. Gunakan kantong sampah yang tertutup rapat agar baunya tidak menyebar dan segera keluarkan sampah ke tempat pembuangan di luar rumah. Kebiasaan ini akan menjaga udara di rumah tetap segar dan terbebas dari potensi masalah kesehatan.

3. Cuci Piring dan Peralatan Makan yang Telah Digunakan

Meninggalkan tumpukan piring kotor semalaman mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya hal ini bisa menjadi masalah besar. Sisa makanan yang mengendap di piring akan mulai mengeluarkan bau tidak sedap dan bisa menjadi sarang bakteri jika dibiarkan terlalu lama. Apalagi jika ada peralatan masak yang berminyak, bakteri akan lebih mudah berkembang.

Dengan mencuci piring dan peralatan makan segera setelah digunakan, artinya menghindari berbagai potensi masalah kebersihan. Selain itu, pagi hari akan terasa lebih ringan ketika tidak harus berhadapan dengan tumpukan piring kotor di wastafel padahal kamu harus segera bersiap-siap untuk beraktivitas. Kebiasaan ini juga mengajarkan kedisiplinan pada anggota keluarga lainnya untuk selalu menjaga kebersihan.

4. Pastikan Tempat Tidur Bersih Sebelum Digunakan

Tempat tidur yang bersih adalah kunci utama untuk tidur nyenyak dan nyaman. Selama seharian, kotoran dan debu bisa menempel di sprei, bantal, atau selimut. Tidak hanya debu, kulit mati dan keringat yang menumpuk juga bisa menjadi sarang bakteri dan tungau yang dapat menyebabkan alergi atau iritasi kulit.

Sebelum tidur, ada baiknya kamu memastikan tempat tidur dalam keadaan bersih. Ganti sprei secara berkala, setidaknya seminggu sekali, dan bersihkan bantal serta selimut. Jika memungkinkan, jemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari untuk membunuh tungau. Tempat tidur yang bersih akan memberikan kualitas tidur yang lebih baik dan tubuh yang lebih sehat.

Secapek-capeknya kamu setelah menjalani aktivitas sehari-hari, pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan 4 hal di atas demi menjaga rumah tetap nyaman sekaligus kesehatan keluarga. Yuk, lakukan mulai sekarang, Sahabat Fimela! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading