Sukses

Lifestyle

7 Tanda Orang Munafik Meski Ia Mencoba Bersikap Baik

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering bertemu dengan berbagai macam orang. Beberapa dari mereka mungkin tampak ramah dan baik hati di permukaan, tetapi sebenarnya memiliki sifat-sifat toxic dan munafik yang dapat merusak hubungan sosial atau bahkan merugikan orang lain. Oleh karena itu, seni mengenali tanda-tanda orang yang munafik menjadi penting di sini agar kita bisa menjaga kesehatan mental dan emosional diri kita sendiri.

Seringkali, ada tanda-tanda yang bisa kita kenali dari cara mereka bersikap atau berperilaku. meskipun mereka berusaha terlihat baik, sepintar apa pun menyembunyikan kepalsuan pasti akan terlihat juga. Ini dia beberapa tanda orang yang toxic dan munafik meskipun mereka mencoba terlihat baik.

1. Manipulatif

Orang yang sebenarnya munafik akan cenderung manipulatif. Ia pandai berbicara dan mencoba memengaruhi emosi orang lain, misalnya dengan menggiring opini atau memberi pernyataan yang akan menimbulkan prasangka buruk terhadap orang lain. Ia mungkin juga menggunakan pujian atau perhatian yang tampaknya tulus untuk mendapatkan kepercayaan dan kebaikanmu, tetapi pada akhirnya hanya memanfaatkanmu atau menggunakan kebaikanmu untuk keuntungannya sendiri.

2. Playing Victim

Selalu bersikap seakan menjadi korban adalah salah satu ciri orang yang munafik tapi mencoba tampil baik. Ia selalu memposisikan diri sebagai korban, menjadi yang paling tertindas atau tersakiti padahal sebenarnya dia sendiri yang salah. Ia mencoba membuat cerita dengan sudut pandang menyedihkan untuk mengundang simpati orang lain terhadapnya. Itulah mengapa, ketika ada suatu masalah, sebaiknya tidak hanya mendengar cerita dari satu sisi saja. Orang ini juga lebih suka menyalahkan orang lain atas masalahnya.

3. Mendekat untuk Menjatuhkan

Orang yang munafik tapi pura-pura baik seringkali meremehkan atau merendahkan orang lain secara halus. Mereka mungkin memberikan pujian yang disertai dengan kritik tersembunyi atau membuat komentar yang merusak kepercayaan diri orang lain. Meskipun mereka berpura-pura mendukungmu, mendekat seolah-olah menjadi teman baik yang ada saat kamu butuhkan, tapi ternyata tindakan mereka sebenarnya bertujuan untuk membuatmu merasa tidak berharga atau rendah diri.

4. Tidak Konsisten dalam Perilaku

Sikap tidak konsisten pasti terlihat pada orang-orang yang toxic dan munafik. Ia mungkin bersikap sangat baik dan perhatian pada satu waktu, tetapi kemudian berubah menjadi dingin atau bahkan kasar tanpa alasan yang jelas. Ia juga akan mendekat ketika "kamu menguntungkan baginya", tapi menjauh bahkan pura-pura tak kenal ketika "sudah tidak butuh". Perubahan perilaku yang tiba-tiba ini sebaiknya tidak membuatmu bingung, karena itulah tanda bahwa ia tidak benar-benar baik.

5. Suka Menghakimi

Orang yang toxic dan munafik cenderung suka mengkritik dan menjatuhkan orang lain karena ia merasa perlu terlihat lebih baik dari orang lain. Meskipun kata-katanya mungkin terkesan halus dan dibuat sopan, bahkan dikatakan dengan senyuman, tapi sebenarnya ia ingin terlihat superior dan dominan agar memiliki kuasa atau kendali dalam suatu lingkungan. Ia selalu berusaha membantu atau mencoba terlihat berkontribusi, tapi di balik itu, ia mungkin menghakimi dan mengumbar aib orang yang sedang mengalami kesulitan.

6. Tidak Merasa Bersalah

Satu pertanda jika seseorang sebenarnya berhati buruk adalah tidak mau mengakui kesalahan. Ia tidak pernah merasa bersalah atas tindakannya yang menyakiti, melukai atau mengecewakan orang lain. Orang sudah terlanjur percaya padanya, namun ia malah menganggap enteng kepercayaan tersebut. Ia bahkan tidak ragu menyalahkan orang lain atau membuat orang lain merasa bersalah atas tindakannya sendiri. Orang ini juga sudah biasa lepas tanggung jawab dan menyebabkan lebih banyak masalah.

7. Tidak Mampu Menerima Kritkan

Meskipun ia mungkin sangat kritis terhadap orang lain, tapi begitu dikritik balik, justru marah. Orang ini tidak mampu menerima kritik yang mengarah pada dirinya sendiri. Ia mungkin bereaksi defensif atau tersinggung ketika dihadapkan dengan feedback atau saran orang lain. Mereka akan mencari pembelaan dan segala alasan untuk membenarkan tindakannya. Ketidakmampuan menerima kritik inilah yang menjadi pertanda bahwa kemungkinan ia hanya pura-pura baik padahal sebenarnya munafik.

Itu dia beberapa tanda perilaku seseorang yang munafik tapi pura-pura baik.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading