Sukses

Lifestyle

Inspirasi Desain Dapur yang Berbeda, Bikin Pengalaman Memasak Jadi Tambah Istimewa

Fimela.com, Jakarta Siapa yang nggak ingin memiliki dapur indah dan berdesain menarik? Dengan adanya tampilan dapur yang istimewa, pastinya pengalaman memasak sehari-hari pun juga akan turut meningkat. Tetapi, inspirasi desain dapur yang berbeda seperti apa yang sebaiknya dicoba? Bila bingung, maka artikel ini akan sangat berguna buat kamu dan keluarga.

Sebenarnya, ada banyak inspirasi desain dapur yang berbeda yang dapat membantumu mewujudkan tampilan dapur impian. Buat yang sedang membangun rumah atau sekedar merenovasi dapur, berbagai inspirasi dapur cantik ini juga bisa dicoba untuk membuat area dalam rumah lebih estetik dan bikin betah untuk berlama-lama berada di situ. Bahkan, tempat ini bisa saja jadi salah satu spot favorit buatmu dan keluarga di dalam rumah, lho. 

Mau kamu tinggal di kampung atau kota, desain dapur sederhana dan murah ini juga bakal mampu menyulap ruangan biasa menjadi luar biasa. Sebab, tersedia desain dapur minimalis sederhana hingga desain dapur kecil yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan kamu. Dengan sentuhan unik nan estetik, pilihan desain dapur ini dijamin nggak akan mengecewakanmu. Lantas, apa saja inspirasi desain dapur yang berbeda yang dimaksud?

1. Dapur Minimalis Sederhana Tanpa Kitchen Set

Jika memiliki ruangan yang cukup sempit, maka inspirasi desain dapur yang berbeda satu ini dapat kamu coba. Desain dapur minimalis sederhana tanpa kitchen set memang menjadi tren dan banyak diikuti beberapa tahun terakhir. Alih-alih menempatkan lemari penyimpanan yang besar, inspirasi desain dapur yang berbeda ini justru lebih fokus pada elemen-elemen terbuka dan pengaturan yang rapi. 

Desain dapur kecil tanpa kitchen set juga lebih mengutamakan kesederhanaan dan fungsional. Penggunaan meja multifungsi, rak terbuka, hingga penempatan peralatan dapur yang mudah digapai menjadi elemen kunci dari penerapan inspirasi dapur 3x3 ini. Selain itu, desain dapur minimalis tanpa adanya kitchen set bukan hanya mampu menciptakan ruang yang bersih dan rapi, tetapi juga membuat dapur terasa lebih terbuka dan nyaman.

Apabila kamu menyukai kepraktisan, maka inspirasi desain dapur yang berbeda seperti ini akan sangat cocok untuk diterapkan. Dengan ruangan yang lebih lapang, nyaman, dan bersih pastinya dapat bikin mood naik ketika sedang memasak.

2. Dapur Terbuka yang Sederhana

Inspirasi desain dapur yang berbeda bisa kamu wujudkan dengan mencoba konsep open kitchen. Dikenal juga sebagai dapur terbuka, desain dapur seperti ini memungkinkan sinar matahari masuk ke ruangan dengan lebih mudah. Selain itu, dapur minimalis sederhana seperti open kitchen pun juga mampu menawarkan sirkulasi udara yang baik, karena langsung berhadapan dengan area terbuka.

Untuk contoh dapur terbuka bisa kamu terapkan di area belakang rumah. Sebab, desain dapur terbuka belakang rumah telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang menginginkan suasana segar dan berbeda saat memasak. Bukan itu saja, adanya dapur terbuka di bagian belakang rumah juga mampu memberikan manfaat tersendiri bagi kamu dan keluarga. 

Misalnya, kamu bisa mengadakan acara makan malam di luar ruangan atau memasak sambil berinteraksi dengan keluarga yang sedang duduk di area luar. Hal ini menciptakan suasana yang lebih santai dan hangat, sekaligus memperluas ruang untuk kegiatan bersama.

3. Inspirasi Desain Dapur yang Berbeda dengan Kitchen Set

Ingin punya dapur cantik sederhana di kampung? Bisa banget, hal ini dapat kamu lakukan dengan menambahkan elemen-elemen fungsional, seperti kitchen set. Untuk kamu yang lebih suka desain dapur dengan penyimpanan tertutup dan tampilan yang lebih teratur, memilih dapur dengan kitchen set adalah solusi yang tepat. Kitchen set menghadirkan penyimpanan yang rapi dan menjaga peralatan dapur tetap tersembunyi, menciptakan kesan dapur yang bersih dan modern.

Dapur dengan kitchen set biasanya dirancang dengan berbagai kabinet, laci, dan rak yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang dapur kamu. Alat-alat masak dan makan seperti panci, piring, sendok, hingga garpu pun dapat tersimpan dengan rapi dan mudah diakses. Ini tentunya membuat setiap sudut dapur dapat dimanfaatkan dengan baik.

4. Desain Dapur Bergaya Skandinavia

Jika mencari inspirasi dapur cantik, maka desain bergaya Skandinavia nggak boleh dilupakan. Desain dapur kecil bergaya Skandinavia sendiri dikenal dengan tampilan yang bersih, terang, dan natural. Desain ini biasanya didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem, serta sentuhan material alami seperti kayu.

Menariknya, konsep ini bisa dicoba untuk mewujudkan dapur cantik sederhana di kampung. Sebab, dapur bergaya Skandinavia menekankan pada penggunaan perabotan yang simpel dengan bentuk yang bersih dan nggak berlebihan. Selain itu, desain Skandinavia sering menggunakan material alami seperti kayu, batu, dan serat alami untuk menciptakan suasana yang hangat dan ramah. Elemen kayu, baik pada meja, lantai, atau rak, diketahui mampu menghadirkan kehangatan yang kontras dengan palet warna netral yang mendominasi dapur.

5. Dapur dengan Dominasi Bahan Kayu

Buat yang tinggal di perkotaan, namun ingin merasakan nuansa pedesaan yang damai dan menenangkan, maka desain dapur sederhana dan murah satu ini bisa kamu pilih. Ya, menciptakan vibe serasa di desa bisa kamu wujudkan dengan penggunaan bahan-bahan kayu pada berbagai perabotan dapur. Pasalnya, kayu memberikan nuansa alami dan dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain, dari tradisional hingga modern. 

Bukan hanya itu, dominasi bahan kayu pada dapur pun juga mampu memberikan kesan ramah dan hangat, sekaligus menciptakan tampilan yang timeless dan elegan. Meski begitu, untuk menerapkan inspirasi dapur estetik ini, kamu harus memilih bahan kayu yang tepat dan nggak mudah lapuk. Sebagai saran, kamu bisa memilih perabotan dapur yang terbuat dari kayu jati, trembesi, atau mahogani yang memiliki ketahanan bagus dan lebih awet. 

Lalu, gunakan finishing kayu alami atau matte untuk mempertahankan keaslian tekstur dan warna kayu. Kombinasikan dengan warna netral atau peralatan dapur stainless steel untuk kesan yang lebih modern. Inspirasi dapur 3x3 kali ini pasti akan bikin momen memasakmu jadi lebih spesial.

6. Dapur Klasik Kontemporer

Dapur minimalis sederhana dengan gaya klasik kontemporer bisa kamu jadikan inspirasi selanjutnya. Perpaduan harmonis antara gaya klasik yang timeless dengan elemen modern yang lebih fungsional menjadikan desain ini banyak dilirik oleh perancang interior rumah. Detail-detail klasik seperti moldings, lengkungan halus, dan kabinet dengan ukiran sederhana diimbangi dengan material serta perabotan modern yang lebih simpel menjadikan inspirasi dapur estetik nggak lekang oleh waktu.

Selain itu, inspirasi dapur cantik bergaya klasik kontemporer juga cenderung menggunakan palet warna netral dan hangat, seperti krem, putih, coklat muda, dan abu-abu. Penggunaan warna-warna ini sesungguhnya mampu menciptakan suasana dapur yang nyaman dan ramah. Penggunaan material alami seperti kayu dan batu pada desain ini pun semakin menambah kehangatan visual yang ditampilkan.

7. Dapur Kontemporer Hitam

Jika ingin mendapatkan kesan elegan, maka Inspirasi dapur estetik ini dapat kamu pertimbangkan. Dominasi warna hitam di berbagai sudut dapur pada desain dapur sederhana dan murah ini mampu menawarkan suasana memasak yang unik dan nggak biasa. Hanya saja, kamu memerlukan ruangan yang cukup luas untuk mengaplikasikannya.

Dapur minimalis sederhana dengan dominasi warna hitam sendiri nyatanya dapat membuat ruangan lebih sesak dan sempit. Namun, kamu bisa sedikit mengakalinya dengan penempatan beberapa barang berwarna lebih cerah agar nuansa elegan yang dihasilkan bisa lebih terasa. Misalnya, tempatkan kabinet atau kulkas dengan warna hitam glossy untuk mencegah ruangan terasa terlalu sempit atau gelap. 

8. All White Kitchen

Berbanding terbalik dengan dapur yang didominasi warna hitam, desain dapur sederhana dan murah satu ini justru bisa bikin ruangan jadi tampak lebih lega dan luas. Seperti namanya yakni all white kitchen, konsep ini menggunakan warna putih pada berbagai elemen dapur, termasuk dinding dan perabotan yang ada.

Desain ini pun juga dapat dijadikan pilihan untuk mewujudkan dapur cantik sederhana di kampung. Pasalnya, all white kitchen bisa membuat nuansa terasa lebih bersih, rapi, terang, dan nggak sesak. Dengan sedikit dekorasi seperti penambahan kabinet kayu pun juga akan bikin inspirasi dapur estetik ini semakin tepat dipilih.

9. Dapur dengan Sentuhan Gaya Modern

Inspirasi dapur cantik juga dapat kamu wujudkan dengan menambahkan sentuhan gaya modern. Dengan sentuhan minimalis, penggunaan teknologi terkini, dan material yang inovatif, dapur modern menawarkan kenyamanan dan efisiensi yang nggak hanya memanjakan mata tetapi juga memudahkan aktivitas sehari-hari. Kebanyakan dapur modern pun bisa diaplikasikan untuk ruangan yang sempit, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki rumah minimalis. 

Adapun keuntungan lainnya dari mencoba inspirasi dapur estetik ini adalah penggunaan material-material inovatif seperti stainless steel, kaca, beton, dan laminasi yang nggak hanya estetis tetapi juga tahan lama. Penggunaan material ini memberikan tampilan yang sleek dan kontemporer, serta memudahkan perawatan dapur agar selalu terlihat rapi. Menariknya, konsep dapur seperti ini bukan cuma bisa berlaku untuk hunian di perkotaan, lho. Untuk kamu yang ingin membuat dapur cantik sederhana di kampung, maka konsep ini juga bisa diterapkan.

10. Dapur dengan Dinding Bata

Desain dapur sederhana dan murah yang terakhir ini juga nggak kalah untuk kamu coba. Salah satu keuntungan utama menggunakan dinding bata di dapur adalah tampilan yang berkarakter. Penggunaan dinding bata dapat menambah elemen tekstur dan kedalaman visual pada ruang dapur, menciptakan kesan rustic, industrial, atau bahkan vintage, tergantung pada cara kamu mengintegrasikan elemen lain dalam desain tersebut.

Meskipun ini salah satu inspirasi dapur cantik, namun kamu tetap bisa mendapatkan beberapa fungsinya. Misal, penerapan desain dapur cantik sederhana di kampung ini mampu menjaga kelestarian lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami yang tahan lama dan berkelanjutan. Selain itu, desain dapur ini pun dapat dikombinasikan dengan alat-alat modern, yang bikin pengalaman memasak lebih nyaman dan praktis.

Well, itulah dia sejumlah desain dapur unik dan berbeda yang dapat kamu coba. Dengan memilih desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu, dapur tentunya bisa menjadi tempat yang bukan hanya fungsional, tetapi juga penuh inspirasi dan kenyamanan saat memasak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading