Sukses

Lifestyle

7 Kebiasaan Baik Dimiliki Orang yang Konsisten Bahagia dari Hati

Fimela.com, Jakarta Hidup bahagia tentu menjadi sesuatu yang diidamkan oleh semua orang. Bahkan kebahagiaan sering kali dianggap sebagai tujuan akhir dalam hidup. Namun, bagi banyak orang yang konsisten bahagia, kebahagiaan bukan hanya sebuah tujuan, melainkan hasil dari kebiasaan sehari-hari. Mencapai kebahagiaan yang konsisten bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan segala ujian dan cobaan hidup yang berliku sehingga menguras energi, emosi manusia tidak pernah konstan, akan selalu naik turun dan tak selalu menyenangkan.

Namun banyak orang yang tampak bahagia memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mereka lakukan setiap hari. Berikut beberapa kebiasaan baik yang dimiliki oleh orang-orang yang konsisten bahagia.

1. Bersyukur Setiap Hari

Salah satu kebiasaan penting yang dimiliki oleh orang-orang bahagia adalah gampang bersyukur. Mereka menyadari pentingnya menghargai apa yang miliki, baik besar maupun kecil. Setiap hari, mereka meluangkan waktu untuk merenungkan hal-hal positif dalam hidup. Tersenyum kecil karena hal-hal positif tersebut dan menikmai apa yang telah dimiliki. Latihan ini tidak hanya meningkatkan kebahagiaan tetapi juga membantu melihat kehidupan dari perspektif yang lebih positif.

2. Kebahagiaan adalah Tanggung Jawabnya

Kesadaran yang seringkali dimiliki oleh orang-orang bahagia alami dan konsisten dari hati adalah memahami bahwa tidak ada yang bisa membahagiakan dia selain dirinya sendiri. Ia tidak memiliki mindset "menemukan orang yang bisa membahagiakan dirinya". Ia tidak berharapan orang lain bisa membuatnya bahagia, karena rasa bahagia itu adalah tanggung jawabnya, datang dari hati dan ia ciptakan sendiri. Alih-alih menyalahkan lingkungan atau orang lain atas kondisi pikiran, ia mengendalikan pikirannya.

3. Menjaga Kesehatan

Kesehatan fisik dan kebahagiaan sering kali berjalan beriringan. Orang-orang yang konsisten bahagia biasanya memiliki kebiasaan menjaga kesehatan tubuh dan mentalnya. Mereka berolahraga secara teratur, menjaga pola makan yang seimbang, dan cukup tidur. Aktivitas fisik tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga untuk pikiran. Secara emosional atau mental, endorfin yang dilepaskan selama berolahraga dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan bahagia.

4. Hubungan Sosial yang Sehat

Kelebihan orang yang konsisten bahagia dalam hidup adalah memilah dengan baik hubungan sosial yang dimiliki. Hubungan sosial yang kuat adalah kunci kebahagiaan. Mereka meluangkan waktu untuk keluarga dan teman-teman yang positif, dan tidak ragu untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian. Hubungan yang sehat memberikan dukungan emosional dan rasa keterhubungan yang mendalam, sehingga sangat penting sebagai dukungan kesejahteraan emosional. Ia juga tidak membuang waktu membersamai orang-orang yang negatif.

5. Melihat Kegagalan sebagai Pelajaran

Orang-orang yang bahagia sering kali memiliki kebiasaan mindfulness dalam melihat kejadian dalam hidupnya. Mereka melihat kegagalan sebagai peringatan untuk mengubah cara hidup dan belajar hal baru. Kegagalan dan kekecewaan memang akan terasa bagai pukulan keras di kepala, tapi jika bisa disikapi secara positif, sebenarnya itu juga bisa menjadi jalan baru untukmu melihat sisi lain kehidupan. Mereka tahu bahwa hidup memang naik turun, tapi bukan berarti bisa menyerah begitu saja.

6. Mengejar Tujuan dan Passion

Kebahagiaan sering kali datang dari kemauan dan keberanian mengejar tujuan dan passion. Orang-orang yang bahagia cenderung mengejar tujuan yang berarti baginya, dan bersemangat mengusahakan apa yang ia sukai. Mereka memiliki hobi dan minat yang mereka nikmati dan mampu memberikan rasa pencapaian tersendiri dari sisi batin. Mengejar passion tidak hanya memberikan kepuasan, tetapi juga memberikan motivasi dan energi positif. Karena itu, memiliki pekerjaan yang bisa kamu nikmati seringkali berkontribusi besar terhadap kebahagiaanmu.

7. Berbuat Baik kepada Orang Lain

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan dari dalam jiwa adalah berbuat baik dan berbagi kepada orang lain. Ada satu teori filsafat yang bisa mendefinisikan tingkat kebahagiaan seseorang, dan salah satunya adalah dari orang yang suka memberi. Orang-orang ini merasa bahagia ketika dirinya bisa berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Sering terlibat dalam tindakan kebaikan, mampu memunculkan rasa kemanusiaan yang tidak bersifat duniawi. Tindakan ini bukan hanya bisa membuat orang lain merasa lebih baik, tetapi juga memberikan perasaan bahagia dan kepuasan terhadap diri sendiri.

Itu dia beberapa kebiasaan-kebiasaan yang ternyata sering dimiliki orang-orang yang bahagianya konsisten dari hati.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading