Sukses

Lifestyle

Cara Memahami Konsep Self Reward yang Benar agar Tidak Boros

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu ingin memanjakan diri setelah sibuk beraktivitas seharian? Atau membeli barang impian setelah berhasil menjadi juara satu? Situasi itu akrab dikenal sebagai self reward. Self reward menjadi konsep yang banyak diminati oleh orang-orang dalam memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah mencapai suatu tujuan atau bekerja keras. Konsep ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan hidup. Namun, seringkali self reward disalah artikan sebagai praktik pemborosan. Pengeluaran tidak terkendali diatasnamakan sebagai self reward

Jika berlangsung secara terus menerus, hal ini tentu akan merusak keuangan kamu, bukan? Jadi, mari kita simak bagaimana self reward yang benar. 

Kesalahan Umum Saat Self Reward

1. Self Reward Berlebihan

Kesalahan umum pertama yang terjadi saat self reward adalah memberikan penghargaan yang fantastis untuk sebuah pencapaian kecil dan dilakukan terlalu sering. Contohnya membeli barang mewah setiap selesai melakukan pencapaian kecil. Kebiasaan mengeluarkan uang tidak terkendali ini jika tidak dikontrol akan menjadi boncos. 

2. Tidak Menyesuaikan Keuangan

Memberikan self reward bukan berarti kamu harus selalu membeli barang mewah. Menyesuaikan budget dan keadaan adalah hal utama yang harus menjadi pertimbangan. Kondisi keuangan harus jelas agar dapat memberikan apresiasi diri yang tepat. Contohnya membeli hal-hal tidak terjangkau secara kredit padahal tidak terlalu dibutuhkan. Hal itu hanya akan menambah beban hutang dan diatasnamakan self reward.

3. Mengasosiasikan Self Reward dengan Belanja

Banyak disalah artikan self reward harus selalu tentang berbelanja. Padahal ada banyak bentuk penghargaan lain yang tidak perlu melibatkan pengeluaran besar. 

Tiga hal di atas dapat dihindari untuk memberikan pengalaman self reward yang lebih wajar dan tidak merugikan kedepannya. 

Contoh Self Reward Sederhana dan Hemat

1. Me Time

Me time adalah contoh self reward yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai. Ambil waktu khusus untuk diri sendiri. Jika kamu menyukai hal-hal seperti membaca buku favorit, mandi, relaksasi, atau sekadar berjalan-jalan di taman. Cara-cara itu sederhana namun efektif untuk sejenak mereset pikiran dan tubuh setelah lelah memperjuangkan tujuan. 

2. Mencoba Resep Baru di Rumah

Jika kamu suka memasak, cobalah untuk mencoba resep baru di rumah sebagai self reward. Tidak hanya menghemat uang, kepuasan dalam mencoba hal baru juga bisa diraih dengan melakukannya. Kamu juga bisa mengoptimalkan waktumu bersama diri sendiri. 

3. Olahraga atau Aktivitas Fisik

Jika suntuk self reward di rumah aja, lakukan olahraga atau aktivitas fisik di luar. Lakukan aktivitas seperti yoga, jogging, atau jalan-jalan di alam sebagai bentuk self reward yang bermanfaat. Tidak hanya untuk menjernihkan pikiran, tapi juga menjaga kesehatan fisik. 

4. Menghabiskan Waktu dengan Orang Tersayang

Menghabiskan waktu dengan orang tersayang menjadi bentuk self reward yang sangat berharga. Tidak perlu sibuk mengeluarkan uang banyak, cukup luangkan waktu untuk sekadar mengobrol atau menonton film bersama di ruang keluarga. Kamu bisa menikmati self reward yang tidak sendirian dan menyenangkan./ 

Self reward bukan ajang pembenaran kamu untuk berfoya-foya, tapi bagaimana kamu mengapresiasi diri dengan benar. Yuk, lebih bijak lagi dalam melakukan self reward. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading