Sukses

Lifestyle

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Belanja di Bulk Store sebagai Pilihan Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Kebutuhan yang semakin meningkat mendorong perilaku konsumtif yang semakin tak terbendung. Akibatnya sampah mulai menjadi masalah yang pelik. Gunungan sampah di mana mana, pencemaran lingkungan, hingga pemanasan global akibat sisa makanan yang dibiarkan menguap menjadi gas metana. Semakin tidak terkontrolnya kerusakan lingkungan, perlu adanya alternatif yang bisa sedikit mengurai masalah ini. Salah satu yang mungkin dilakukan adalah dengan berbelanja barang kebutuhan di bulk store. 

Bulk Store adalah toko grosir yang menjual produk dalam bentuk curah. Tren belanja di bulk store menjadi kian populer seiring jumlah masyarakat yang peduli lingkungan meningkat. Bulk store memungkinkan konsumen untuk membeli produk tanpa kemasan berlebihan sehingga mengurangi limbah plastik. Pembeli juga dapat menakar sendiri keperluan yang mereka butuhkan sehingga tidak ada sisa makanan yang tersisa. 

Bulk store atau toko zero-waste bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dari segi kemasan hingga dampak lingkungan serius lainnya. Barang yang dijual pun merupakan barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari bahan masakan dapur hingga kebutuhan esensial lainnya. 

Berikut 4 alasan mengapa kamu harus mulai belanja di bulk store : 

Takar Sendiri Kebutuhanmu

Bulk store mendorong orang-orang untuk menormalisasi beli sesendok saja barang yang dibutuhkan. Misalnya kamu hanya butuh ketumbar satu sendok saja, maka bulk store tidak akan melihatmu dengan tatapan aneh jika melakukannya demikian. Macam macam barang di bulk store dapat dibeli dengan takaran yang diinginkan oleh customer, sehingga pemenuhan kebutuhannya tidak akan berlebihan. Sisa makanan juga dapat dihindari yang berujung pada perusakan lingkungan. 

Bawa wadah sendiri

Jika kini gerakan memakai plastik memang sudah digencarkan, dan beralih ke wadah ramah lainnya seperti kantong kain atau kertas, itu akan tetap sia-sia jika masih digunakan dengan sistem “sekali pakai buang”. Bulk store mendorong pembelinya untuk membeli produk dengan membawa serta wadahnya dari rumah. Katakanlah seperti toples kaca, botol kaca, keranjang buah, dan wadah apapun selain yang sekali pakai, akan menjadi pemandangan normal jika kamu berbelanja di bulk store. Prinsipnya adalah, gunakan wadah yang bisa digunakan berkali-kali jika ingin berbelanja di bulk store. Hal tersebut tentu memaksa pembeli untuk terbiasa melakukan gaya hidup sehat yang lebih ramah lingkungan. 

Berbelanja dengan Lebih Mindful

Berbelanja di bulk store akan membantu kamu menjadi sosok yang lebih mindful. Memperhitungkan segala hal meskipun kamu mampu membelinya. Sifat implusif dan konsumtif akan ditekan jika kamu terbiasa untuk membeli barang yang dibutuhkan dengan takaran sesuai yang diperlukan. Selain menjaga lingkungan, itu juga akan menjaga pengeluaranmu, bukan?

Mendukung Produk Lokal dan Organik

Bulk store biasanya akan bekerja sama dengan petani lokal sebagai supplier mereka. Mereka akan memperhitungkan kualitas barangnya agar terjaga lebih organik. Dengan begitu, pembeli tidak hanya menebar kesehatan lingkungan namun juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan dirinya sendiri. 

Belanja di bulk store adalah langkah kecil yang berdampak besar bagi sekitar. Bayangkan saja jika dalam satu kota, jika setengah saja warganya telah memiliki kesadaran, maka setengah sampah harianpun juga akan berkurang. Jadi, sudahkah Sahabat Fimela menemukan bulk store terdekat di rumah?  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading